Bos KTM: ‘Raul-Remy’ Bisa Gantikan ‘Binder-Oliveira’ di Tim Resmi

RiderTua.com – Setelah jeda musim panas, Tim pabrikan KTM hanya meraih 1 podium MotoGP di balapan hujan GP Austria. Yakni ketika Brad Binder adalah satu-satunya dari 6 pembalap teratas yang tidak masuk pit untuk mengganti ban hujan. Penurunan performa sangat dramatis bagi Miguel Oliveira, dia hanya mendulang 9 poin dalam 9 balapan terakhir. Direktur KTM Motorsport Pit Beirer membuat pernyataan mengejutkan, “Kami memiliki empat slot MotoGP. Dan sejauh ini, belum ada yang ditetapkan untuk tempat mana pun pada tahun 2023.”.. Secara teori, jika Binder atau Oliveira tidak tampil apik, mereka dapat ditransfer ke tim Tech3 pada 2023. Dan jika Gardner atau Fernandez tampil sangat baik di musim rookienya, mereka bisa pindah ke tim pabrikan KTM, itu secara teori…

Bos KTM: Line-up Pembalap untuk 2023 Belum Ditetapkan

Direktur Motorsport KTM Pit Beirer menambahkan, “Sejak Agustus dan seterusnya, performa kami lemah. Miguel Oliveira juga mengalami cedera pergelangan tangan di FP1 di GP Styria. Jika tim lemah dan motornya tidak kompetitif dan pada saat yang sama pembalap memiliki fase yang lemah, maka menjadi sulit untuk keluar dari siklus ini. Selama periode ini, Brad Binder bertarung dengan cara yang patut dicontoh. Hasil balapan terburuknya setelah liburan musim panas adalah, finis di posisi ke-9. ”

Faktanya, Binder menunjukkan konsistensi yang menakjubkan dengan KTM RC16 di tahun keduanya di MotoGP. Pembalap asal Afrika Selatan itu hanya 1 kali mencetak nirpoin di 18 balapan dan mengamankan posisi 6, 7, 9, 9, 11, 10 dan 7 setelah menang di Spielberg-2 . “Brad sering berhasil memperebutkan tempat ke-4 dari posisi start yang paling putus asa dalam balapan,” imbuh Pit Beirer.

Meskipun secara keseluruhan KTM kurang memenuhi ekspektasi pada tahun 2021, Pit Beirer masih optimis. “Kami sering tertinggal setengah langkah dari musim lalu. Kami mengalami fase seperti itu pada Juni 2021. Kami masih membutuhkan setengah langkah. Kemudian kami secara teratur berada di garis depan dalam balapan ini. Kami telah mencapai banyak hal dengan tim teknis kami yang cerdik. Itulah mengapa kami akan melanjutkan perjalanan dengan para insinyur ini.”

Karena Tim KTM Tech3 dengan Petrucci dan Lecuona hanya menempati posisi ke-11 atau yang terakhir di Kejuaraan Dunia Tim pada tahun 2021, sekarang tim ini akan ditingkatkan lebih lanjut dan sedekat mungkin dengan level teknis Tim Pabrikan KTM Red Bull dengan Miguel Oliveira dan Brad Binder.

Itu akan diperlukan karena bakat luar biasa Remy Gardner dan Raul Fernandez harus diamankan di KTM selama mungkin. Runner-up Moto2 Raul Fernandez tidak pernah merahasiakan fakta bahwa, dia lebih suka membalap untuk tim Red Bull pada 2022.

Oliveira dan Binder memiliki kontrak KTM hingga akhir 2023. Sebelumnya diasumsikan bahwa mereka akan menjadi bagian dari tim Red Bull saat itu.

Tapi dalam sebuah wawancara, Pit Beirer mengungkapkan, “Di KTM, kami memiliki empat slot MotoGP masing-masing untuk 5 tahun ke depan. Sejauh ini, tidak ada yang ditetapkan untuk tempat mana pun pada tahun 2023. Kami akan menempati 4 posisi di Red Bull dan Tech3 setelah musim 2022, karena kami percaya bahwa pembalap, kru, performa, dan tim sudah saling cocok.”

Secara teori, jika Binder atau Oliveira tidak tampil baik, mereka dapat ditransfer ke tim Tech3 pada 2023. Dan jika Gardner atau Fernandez tampil sangat baik di musim rookienya, mereka bisa pindah ke tim pabrikan KTM?

Beirer menjawab, “Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan pemilik tim Tech3 Herve Poncharal, kami dapat saling ‘mengoper bola’. Sekarang kami memiliki 8 teknisi di bawah kontrak di KTM yang bekerja di tim Herve. Jadi Herve membuka pintu bagi para insinyur kami. ”

“Kita merasa nyaman dengannya seperti halnya dengan tim Red Bull. Kami memperkuat tim Tech3 lagi di musim gugur, sekarang kami telah menunjuk Esteban Garcias sebagai manajer teknis. Sekarang kami telah mencapai level yang benar, kami berada di posisi yang baik untuk musim mendatang. Kami juga akan menjadi mitra yang kuat di sana untuk Remy dan Raul.”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page