Tren Sedan Menurun? Mungkin Ini Penyebabnya

RiderTua.com – Dari sekian banyaknya jenis mobil yang ada, sedan menjadi salah satu diantaranya. Namun dengan ngetrennya mobil SUV, membuat model jenis ini sudah ditinggalkan oleh banyak orang. Akibatnya tren mobil sedan terus menurun tiap tahunnya meskipun masih banyak model serupa yang dirilis. Sejumlah produsen sudah tahu apa yang menyebabkan ini terjadi.

Baca juga: Ada Camry Hybrid, Toyota Yakin Bisa Kuasai Pasar Sedan

Tren Mobil Sedan Terus Menurun Tiap Tahun

Di Indonesia sendiri, segmen MPV, SUV, sampai LCGC yang mendominasi penjualan mobil tiap tahunnya. Jelas karena konsumen disini mencari mobil yang bisa memuat banyak penumpang atau barang bawaan didalamnya sekaligus. Jadi tak heran kenapa model seperti Avanza hingga Brio selalu menjadi incaran banyak orang.

Namun dengan populernya ketiga segmen tersebut, membuat segmen lainnya menurun popularitasnya. Salah satunya sedan, yang kini didominasi oleh merek kelas atas seperti Mercedes-Benz hingga BMW. Walau ada juga merek seperti Toyota dan Honda yang bertahan di segmen tersebut.

(Motor1)

Tetap Rilis Model Baru

Honda melihat konsumen Tanah Air lebih memilih mobil MPV atau SUV ketimbang sedan dan sejenisnya. Jelas karena kedua jenis model tersebut sudah sesuai dengan keadaan jalanan di Indonesia yang tak rata dan terkadang bisa tergenang air ketika hujan. Selain itu, MPV dan SUV juga unggul dalam hal memuat banyak penumpang didalamnya.

Selain itu, harga jual MPV dan SUV rata-rata cukup terjangkau hingga Rp 300 jutaan, sedangkan sedan kebanyakan masih diatas Rp 400 jutaan. Tentu konsumen lebih memilih mobil dengan harga terjangkau, sementara sedan semakin lama semakin ditinggal. Meskipun begitu, sedan masih memiliki peminatnya di Indonesia.

Terlebih PPnBM kini sudah berdasar pada emisi karbon yang dihasilkan, sehingga harga sedan semakin terjangkau. Walau itu masih belum cukup untuk mendobrak dominasi MPV dan SUV di pasar roda empat Tanah Air.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page