Mike Leitner: Saya Belum Dipecat!

RiderTua.com – Setelah 7 tahun, kegiatan operasional Manajer Balap MotoGP Mike Leitner di KTM Factory Racing berakhir. Pada bulan Januari, Francesco Guidotti akan mengambil peran sebagai manajer tim untuk Tim Pabrikan KTM Red Bull bersama Brad Binder dan Miguel Oliveira. Leitner masih memiliki kontrak KTM hingga akhir 2022 dan akan bertindak sebagai konsultan di masa depan. “Saya belum dipecat, kontrak saya berlaku untuk tahun depan,” katanya.. Dalam sebuah wawancara, pria Austria itu menjawab semua pertanyaan sensitif secara blak-blakan.

Mike Leitner: Saya Belum Dipecat

Mike Leitner
Mike Leitner

Dalam sebuah wawancara, mantan pembalap GP 125 cc itu mengatakan bahwa dia membangun proyek MotoGP mulai dari awal pada Januari 2015. Dan terkadang Leitner mengerjakan tiga pekerjaan sekaligus di KTM dan mencapai kesuksesan yang cukup besar.

Namun pada tahun 2021, performa KTM jauh dari ekspektasi yang tinggi. Karena sebenarnya, ada syarat dari bos perusahaan Stefan Pierer bahwa KTM harus memperjuangkan gelar.

Itulah sebabnya kini struktur sedang dioptimalkan, lebih banyak staf dipekerjakan dan manajemen sedang diperbarui. Mantan insinyur Ducati Fabiano Sterlacchini kini menjabat sebagai Kepala Teknologi MotoGP sebagai orang ‘kuat’ di departemen teknologi, penelitian dan pengembangan. Di Ducati Corse, dia adalah tangan kanan General Manager Gigi dall’Igna.

Di KTM, Mike bertanggung jawab atas tim penguji, tim pabrikan, perekrutan staf, dan tim satelit Tech3. Apakah dia merasa diberi terlalu banyak pekerjaan? Mike Leitner menjawab, “Saya selalu merekrut lebih banyak staf, sehingga kita dapat bertanya kepada siapa pun yang terlibat. Saya juga terlibat penuh ketika teknisi seperti Bertolatti dari Aprilia dan Sterlacchini dari Ducati mendatangi kami. Rincian pribadi ini selalu diputuskan bersama.”

“Sekarang setelah 7 tahun, saya mengambil langkah mundur dan di masa depan saya akan mengambil peran sebagai penasihat. Kita lihat ke mana arahnya. Saya tidak masalah dengan situasi saat ini. Saya masih bekerja di KTM. Saya belum dipecat, kontrak saya berlaku untuk tahun depan.”

Direktur Motorsport Pit Beirer berulang kali mengkritik Mike karena dia tidak pernah puas dengan apa yang telah Mike capai. Mike menjawab, “Ya, itu berhasil dengan baik. Bagaimanapun, kami telah mencapai ‘a little something’ selama ini.”

“Tentu saja saya memberi tekanan pada para insinyur, kita benar-benar harus melakukannya di kelas ini, tidak ada cara lain. Sangat sulit untuk bergerak maju di MotoGP tanpa terus-menerus memberikan tekanan dan dorongan,” tambah Mike..

Sebagai orang yang praktis, apakah Mike terkadang dianggap kurang berdiplomasi saat memberikan tekanan? Jika dia dapat memutar kembali waktu, apa yang akan dia lakukan secara berbeda? Mike menimpali, “Jujur, saya sebenarnya tidak akan melakukan banyak hal yang berbeda. Lebih banyak diplomasi? Ya, tentu saja kita harus selalu memiliki sedikit insting yang pasti. Tapi pada akhirnya kebenaran harus dipertahankan.”

“Bagi saya, kebenaran selalu terdiri dari daftar hasil dan stopwatch (catatan waktu). Saya mendukung itu. Saya juga mendukung apa yang telah kami capai dengan proyek ini dalam 5 tahun pertama. Tapi saya juga melihat apa yang belum kami capai. Setiap orang harus memutuskan sendiri bagaimana dia melihat keseimbangan secara keseluruhan.”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page