Ini Bedanya Yamaha R15 Terbaru dan Lawas

RiderTua.com – Yamaha R15 telah mendapatkan model terbarunya di Indonesia setelah sekian lama. Motor sport full fairing ini tampil lebih sporty dari model lamanya, serta mengusung sejumlah fitur baru. Semua ini membuatnya tampil beda dari model R15 lawas yang sebelumnya sempat dijual disini. Apa saja perbedaan pada model anyarnya jika dibandingkan dengan model lamanya?

Baca juga: New Yamaha R15 V4 Dirilis di Indonesia!

R15 2021 Tampil Beda Dari Model Lamanya

Sebenarnya ubahan yang diberikan pada R15 bisa terlihat jelas dari tampilannya, terutama pada fascia-nya. R15 kini memiliki tiga buah lampu, yang terdiri dari lampu depan model projector dan dua buah LED DRL yang tipis. Model sebelumnya hanya memiliki dua buah lampu tanpa ada lampu pada bagian tengahnya.

Panel instrumennya juga berbeda, dimana model 2021 sudah memiliki konektivitas Bluetooth via Y-Connect. Fitur ini pertama kali diterapkan pada skutik Maxi Yamaha Aerox dan NMAX. Mungkin R15 sudah menjadi model motor sport pertama di Indonesia yang mendapatkan Y-Connect.

R15 Model Lama (Suara.com)

Makin Canggih

Pada panel instrumen ini, ditambahkan berbagai tambahan informasi dari Y-Connect, dari indikator e-mail hingga SMS, fastest lap time, latest lap time, sampai mode berkendara. R15 terbaru sudah dilengkapi dengan mode berkendara yang terdiri dari mode Track dan Street, meski hanya tersedia pada varian tertingginya. Fitur rem ABS dual channel, quick shifter, dan traction control system juga tersedia pada model 2021 ini.

Meski banyak mengusung fitur baru, tapi R15 masih mempertahankan fitur lamanya, seperti variable valve actuation (VVA) dan assist-slipper clutch. Mesinnya juga tak banyak mengalami ubahan, dan tetap memiliki kapasitas 155 cc. Namun jika dibandingkan dengan modelnya di India, R15 di Indonesia memiliki performa lebih besar.

Karena model baru, maka jangan kaget kalau harganya naik menjadi Rp 38,9 jutaan (OTR Jakarta). Tapi semua ubahan ini sudah cukup untuk memberikan upgrade penuh pada R15.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page