Target Honda Indonesia Tahun 2040: Hanya Jualan Mobil EV

1
(soundandmachine.com)

RiderTua.com – Meskipun belum menghadirkan mobil listrik di Indonesia, tapi Honda sudah tak sabar lagi ingin berjualan model EV. Produsen otomotif ini sudah menyiapkan berbagai rencana untuk melakukan elektrifikasi besar-besaran. Seperti memasang target pada tahun 2040, dimana mereka hanya menyediakan mobil listrik murni saja. Jelas ini dilakukan untuk mewujudkan ‘zero emission’ di Tanah Air.

Baca juga: Honda Siap Ekspor All New BR-V ke 30 Negara

Honda Pasang Target Mobil EV Tahun 2040

Sebenarnya target yang dipasang Honda tak hanya berlaku di Indonesia, tetapi secara global. Mereka akan memulai elektrifikasi produk mulai tahun 2030, dengan 30 persen produknya sudah berjenis listrik murni. Kemudian tahun 2035 naik menjadi 80 persen, sampai tahun 2040 mencapai 100 persen.

Mungkin kedengarannya seperti sebuah target yang cukup ambisius, mengingat Honda memiliki segelintir produk ramah lingkungan yang dijual di pasar. Dari varian hybrid yang termasuk ke dalam varian e:HEV, listrik murni seperti model ‘e’, sampai hidrogen. Tapi jelas itu belum cukup jika elektrifikasi produk tak dilakukan merata di seluruh dunia.

(Green Car Guide)

Hadirkan Lebih Banyak Produk

Di Indonesia misalnya, dimana Honda nyaris belum menghadirkan model ramah lingkungan. Padahal kompetitornya sudah menjual mobil hybrid lebih dulu, bahkan sampai mobil listrik juga dijual disini. Tapi Honda Prospect Motor (HPM) tak terlalu khawatir akan hal itu, sebab mereka yakin bisa mengejar ketertinggalannya.

Tapi seperti produsen lainnya, elektrifikasi ini dilakukan secara bertahap, dimulai dari hybrid, PHEV, sampai listrik murni dan hidrogen fuel cell. Itupun tergantung dari ketersediaan infrastruktur pendukungnya, serta kesiapan pasar dalam menyambut produk mobil ramah lingkungan. Tapi sejauh ini pasar otomotif di Indonesia sudah siap menyambut elektrifikasi.

Soal produk yang akan dijualnya disini, Honda masih belum memastikannya untuk sekarang. Walau ada kemungkinan model ‘e’ yang bakal dihadirkan, setelah sebelumnya didaftarkan oleh Honda beberapa bulan lalu. Terlebih varian e:HEV juga akan dihadirkan setelah sukses di Thailand.

1 COMMENT

Leave a Reply