Suzuki Siap Rilis Mobil Listrik, Tapi…

1
(Firstpost)

RiderTua.com – Sampai sekarang Suzuki belum memiliki produk mobil listrik murni. Padahal dengan menghadirkan model hybrid sudah waktunya bagi mereka untuk membuat model EV. Namun kini Suzuki berniat untuk fokus ke pengembangan mobil listrik. Sementara untuk model EV pertamanya akan mulai dijual tahun 2025.

Baca juga: All New Suzuki SX4 S-Cross, Makin Keren!

Suzuki Fokus ke Pengembangan Mobil Listrik

Tak begitu banyak model mobil ramah lingkungan yang dihadirkan Suzuki di pasar, kalaupun ada kebanyakan berupa model hybrid. Sejauh ini mereka memiliki segelintir model bermesin hybrid, tapi belum ada model listrik yang disediakan. Rasanya agak aneh melihat ada produsen mobil yang belum memiliki model EV.

Namun Suzuki mulai menyadari kalau mereka mulai tertinggal dari merek senegaranya yang sudah menghadirkan model EV. Tak mau tertinggal lebih jauh lagi, mereka langsung menjalankan rencana untuk menghadirkan mobil listrik. Hanya saja mereka akan memulainya di Jepang terlebih dahulu, sebelum diterapkan di negara lain seperti Indonesia.

(soundandmachine.com)

Dirilis Empat Tahun Lagi

Namun yang menjadi masalah yaitu produk listrik murni pertamanya baru bisa dirilis pada tahun 2025 mendatang. Agak terlambat tiga tahun dari Nissan dan Mitsubishi yang berencana menghadirkan model EV pada tahun 2022 nanti. Walau demikian, Suzuki malah lebih unggul dari keduanya kalau berbicara soal harga jualnya.

Mobil EV terbaru Suzuki ini akan dibanderol sebesar Rp 127 jutaan, lebih murah ketimbang model EV Nissan-Mitsubishi yang mencapai Rp 254 jutaan. Jelas harga tersebut sudah termasuk insentif atau subsidi yang diberikan oleh pemerintah setempat. Meski tertinggal dari pesaing, setidaknya Suzuki dapat memberikan harga mobil yang lebih terjangkau.

Namun belum jelas model EV mana yang akan dihadirkannya, tapi karena akan dirilis di Jepang, kemungkinan besar berupa model kei car. Suzuki sendiri sudah membuka peluang untuk menghadirkan model ramah lingkungan lainnya di pasar global, termasuk Indonesia.

1 COMMENT

Leave a Reply