Yaris Generasi Terbaru Bakal Usung Platform DNGA?

1
(Car Review Indonesia)

RiderTua.com – Sebenarnya Yaris yang dijual di negara luar Jepang sudah seharusnya mendapat perombakan. Sebab Yaris di Jepang dan Eropa sudah lebih dulu mendapat model generasi terbaru. Kini muncul rumor mengenai Yaris generasi terbaru yang akan dirilis suatu hari nanti. Disebutkan kalau model ini bakal mengusung platform dan mesin baru dari Rocky-Raize.

Baca juga: Toyota Bakal Hadirkan Baterai EV Baru, Awet Hingga 10 Tahun!

Toyota Yaris Generasi Baru Tengah Digarap?

Yaris sudah lama hadir di pasar tanpa beralih ke generasi terbaru. Padahal Yaris yang dijual di Eropa dan Jepang saja sudah berganti penampilan, walau desainnya dibuat makin kompak dan lebih imut. Tentunya model ini disesuaikan untuk pasar disana, sehingga kurang cocok kalau dijual di luar kawasan tersebut.

Maka itulah Toyota tetap ingin membawa perombakan untuk Yaris versi luar Eropa dan Jepang, walau dibuat lebih berbeda. Namun sampai sekarang belum ada sosok dari Yaris model terbaru ini, sehingga menimbulkan sejumlah spekulasi. Salah satunya mengenai platform dan mesin yang akan diusungnya.

(Kendara)

Platform Daihatsu

All New Yaris disebut-sebut akan memakai platform dari Daihatsu, tepatnya DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Ini akan menjadikan Yaris menjadi model Toyota kedua yang memakai platform Daihatsu setelah Raize. Mobil SUV kompak ini sebelumnya sudah dirilis di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Yaris kemungkinan akan memakai platform DNGA yang sama dipakai oleh model konsep Daihatsu DN-F Sedan. Untuk mesinnya, Toyota bakal ‘meminjam’ mesinnya Raize yang berkapasitas 1.000 cc, serta mesin 1.500 cc. Memang ini baru sekedar spekulasi, sebab belum ada bocorannya sampai sekarang.

Walau demikian, kehadiran All New Yaris bakal menjadi sesuatu yang ditunggu oleh konsumen di luar Jepang dan Eropa. Sebab pada akhirnya hatchback ini akan berganti penampilan setelah sekian lama. Terlebih model tersebut sudah menjadi andalan di kelasnya selama beberapa tahun.

1 COMMENT

Leave a Reply