Inden Land Cruiser 300 Sampai 4 Tahun? Ini Sebabnya

1
(Road & Track)

RiderTua.com – Toyota Land Cruiser kembali hadir dengan membawa berbagai ubahan total pada eksterior, interior, sampai fitur dan mesinnya. Sehingga ini membuat SUV premium tersebut menjadi buruan konsumen di Jepang maupun di sejumlah negara. Namun waktu tunggu indennya malah memanjang hingga 4 tahun lamanya. Ternyata krisis chip semi-konduktor yang menyebabkan panjangnya antrian inden Land Cruiser.

Baca juga: Land Cruiser Prado Mau ‘Disegarkan’?

Antrian Inden Land Cruiser 300 Memanjang Sampai 4 Tahun

Mungkin lamanya antrian inden sudah tak menjadi sesuatu yang mengejutkan lagi. Sebab terkadang produsen mendapat banyak inden dari berbagai negara, bahkan sampai melebihi kapasitas produksinya. Contohnya Suzuki Jimny, dimana konsumen harus mengantri sampai dua atau tiga tahun lamanya.

Namun Land Cruiser 300 yang baru diluncurkan saja waktu tunggu indennya malah mencapai empat tahun. Tentu ini kedengarannya agak aneh, sebab model tersebut baru seumur jagung, tapi antriannya sudah sangat panjang. Ini terjadi karena adanya krisis chip semi-konduktor yang mulai berdampak pada produksinya.

(Motor1)

Bisa Makin Lama Lagi?

Krisis ini sudah cukup lama terjadi, dan ditakutkan akan memiliki dampak jangka panjang hingga beberapa tahun ke depan. Jelas karena banyak industri, terutama otomotif, yang membutuhkan komponen tersebut. Sehingga produsen mobil harus menghemat penggunaan chip untuk produksi mobilnya.

Toyota hanya punya satu pabrik yang menangani produksi Land Cruiser 300 di Jepang, terlebih model ini juga dikirim ke sejumlah negara. Tentu ini membuat mereka kerepotan, apalagi mereka sudah mendapat pesanan hingga 20 ribu unit dari konsumen. Kalau krisis ini tak juga berakhir, bisa-bisa waktu tunggunya makin lama lagi.

Memang Land Cruiser 300 bukanlah model yang terdampak akibat krisis ini, kemungkinan masih ada model anyar lainnya yang juga terdampak karenanya. Sementara Suzuki dengan Jimny masih mampu memproduksi model tersebut, terlebih mereka sudah membuka produksi di India. Walau ada potensi Jimny bakal mengalami hal serupa seperti Land Cruiser.

1 COMMENT

Leave a Reply