Subaru Bakal Rilis WRX Boxer Terakhir?

1
(Top Gear)

RiderTua.com – Mesin boxer sudah menjadi identitas tersendiri bagi sejumlah sportcar di seluruh dunia, termasuk Subaru WRX. Model ini telah mengandalkan boxer engine sejak lama, dan sudah dikenal oleh banyak orang. Sayangnya Subaru diketahui bakal mengakhiri penggunaan mesin boxer untuk WRX. Mereka akan merilis WRX boxer ‘edisi terakhir’ pada tahun depan.

Baca juga: Subaru WRX Bakal Membawa Mesin Terbaru?

Subaru Bakal Mengakhiri Mesin Boxer Untuk WRX

Seperti yang diketahui sebelumnya, Subaru diam-diam menyiapkan model terbaru untuk WRX. Sosoknya sendiri sudah sempat terlihat lewat spyshot, dengan membawa sejumlah ubahan pada tampilannya. Walau sekilas ada sejumlah elemen yang dipertahankan dari model lamanya.

Namun ada kemungkinan kuat kalau WRX anyar ini tak hanya membawa ubahan baru, tetapi juga mesin boxer terbaru. Mesin yang dimaksud adalah boxer engine berkode FA24 berkapasitas 2.400 cc 4 silinder, bertenaga 296 hp hingga 345 hp untuk varian STI. Mesin ini akan dipadu dengan transmisi CVT untuk versi standar, dan manual untuk STI.

(Motoring)

Beralih ke Model Ramah Lingkungan

Memang ini performa yang cukup tinggi untuk ukuran mesin boxer 4 silinder yang akan dipakaikan pada WRX terbaru. Namun sayangnya ini akan menjadi boxer engine terakhir yang diandalkan Subaru untuk sportcar unggulannya. Ternyata ini terkait rencana produsen asal Jepang tersebut terkait penghentian penggunaan mesin konvensional untuk produknya.

Subaru disebut merencanakan untuk memakai mesin hybrid untuk model WRX generasi keenam. Mesin hibrida ini kemungkinan besar berupa hasil pengembangan antara Subaru dengan Toyota, dan tentu Subaru tak punya masalah ketika ingin meminjam teknologi dari Toyota. Sebab mereka sudah berpengalaman dalam menghadirkan model kembar BRZ dan 86 generasi terbaru.

Walau itu hanya sebatas rumor, tapi jika itu benar, maka WRX 2022 akan menjadi model terakhir yang memakai mesin boxer. Entah apakah Subaru punya cara untuk mempertahankan performanya ketika sudah memakai mesin hybrid. Tentu yang namanya sportcar tak bisa lepas dari performa mesinnya yang tinggi.

1 COMMENT

Leave a Reply