Mini Cooper Dapat Edisi Spesial 60th Anniversary

1
(Motor1)

RiderTua.com – Boleh dibilang kalau Mini Cooper kini memiliki banyak varian edisi spesial yang pernah disediakan dalam jumlah terbatas. Kini divisi ‘mobil mungil’ BMW ini kembali menghadirkan edisi spesial 60 tahun untuk Cooper. Dikenal sebagai Mini Cooper 60th Anniversary, edisi ini dihadirkan untuk menghormati John Cooper, yang memberikan nama untuk model tersebut. Karena begitu spesial, Mini menyediakannya dalam jumlah terbatas.

Baca juga: Mini Wujudkan Vision Urbanaut Sebagai Mobil Sungguhan!

Edisi Spesial Mini Cooper 60th Anniversary

Cooper 60th Anniversary ini dihadirkan untuk sejumlah varian 3-Door, seperti varian standar, S, serta varian spesial JCW (John Cooper Works) Guise. Khusus varian JCW Guise, Mini memberikan hero color British Racing Green, dengan pilihan warna lain seperti Midnight Black dan Rebel Green. Hero color untuk varian terbarunya begitu cocok dengan identitas Mini sebagai merek mobil asal Inggris.

Yang membuatnya berbeda dari varian Cooper lainnya yaitu nomor 74 yang terlihat pada pintu depan mobil. Angka ini memiliki makna tersendiri bagi Mini, karena inilah nomor mobil balap Lombank Trophy tahun 1961 yang dimenangkannya. Aksen warna Piano Black and White memberikan kesan ala mobil balap zaman dulu.

(Motoring World)

Penghormatan Untuk John Cooper

Interior Cooper 60th Anniversary juga lumayan keren dengan jok kulit Nappa serta badge Cooper yang spesial. Trim Piano Black berpadu apik dengan aksen warna merah, sehingga menimbulkan kesan sporty. Pada dasbor mobil terdapat stiker yang membubuhkan nomor mobil serta tanda tangan dari John Cooper Sr, John Cooper Jr, dan Charlie Cooper.

Ada tiga pilihan mesin yang bisa dipilih, yaitu 1.500 cc 3 silinder turbo, 2.000 cc 4 silinder turbo, dan 2.000 cc versi JCW Guise. Varian JCW Guise bisa dikatakan yang paling bertenaga, karena dengan upgrade mesin terbarunya, model ini mampu menghasilkan tenaga dan torsi sebesar 231 ps dan 318 Nm. Sejumlah fitur yang tersedia mulai dari automatic climate control untuk AC, kamera mundur, serta front park distance control system.

Namanya juga edisi terbatas, tentu hanya ada 740 unit yang dijual, dan di Inggris hanya disediakan 60 unit. Harganya? Sekitar Rp 672 juta untuk transmisi manual dan Rp 702 juta untuk transmisi matik. Seandainya model ini dibawa ke Indonesia, bisa saja harganya lebih mahal lagi.

1 COMMENT

Leave a Reply