Honda Brio yang Kembali Ungguli Penjualan Avanza

1
(GridOto.com)

RiderTua.com – Mungkin kalau membahas mobil terlaris di Indonesia, pasti ada yang menjawab Avanza. Tapi sepertinya untuk tahun ini Avanza tak lagi menjadi yang terlaris karena sudah ada yang mengunggulinya. Honda Brio mencatatkan hasil penjualan mobil penumpang tertinggi di Tanah Air. Sehingga hasil tersebut membuatnya unggul dari Avanza dkk.

Baca juga: Ini Hasil Penjualan 20 Mobil di Indonesia Bulan Juni 2021

Honda Brio Mencatatkan Penjualan Mobil Penumpang Tertinggi

Sepanjang bulan Juni 2021 lalu, Brio mencatatkan hasil penjualan sebanyak 4.867 unit, itupun termasuk varian Satya dan RS. Walau tak sebanyak penjualannya Suzuki Carry, tapi dalam penjualan mobil penumpang, Brio masih jadi nomor satu. Model ini juga masih mengungguli Avanza yang terjual sebanyak 4.450 unit.

Sebenarnya ini bukanlah sesuatu yang begitu mengejutkan, mengingat Brio pernah menjadi mobil terlaris di Tanah Air pada tahun 2020. Seakan Avanza sudah kehilangan tajinya setelah menguasai pasar roda empat di Indonesia selama 13 tahun. Tapi apa daya, kondisi sekarang membuat angka penjualannya sempat ‘melempem’.

(Toyota Motors Cebu)

Avanza Masih Jadi ‘Ancaman’

Dibawah Brio dan Avanza ada Toyota Kijang Innova yang mencatatkan hasil hingga 4.117 unit, selisih cukup tipis dari Avanza. Dari daftar 10 besar penjualan mobil di Indonesia bulan Juni 2021, hanya ada tiga model LCGC yang masuk ke dalam daftar. Selain Brio, ada juga Sigra dan Calya, masing-masing terjual sebanyak 2.332 unit dan 2.082 unit.

Anehnya Avanza menjadi satu-satunya LMPV yang masuk ke dalam daftar 10 besar. Model lainnya seperti Xpander, Xenia, hingga Ertiga berasa di daftar 20 besar, itupun selisih penjualannya cukup jauh. Tentu ini membuat Avanza menjadi yang paling unggul di segmen LMPV pada Juni 2021.

Memang hasil tersebut tak bisa membawanya untuk menyalip hasil penjualan Brio, tapi apa boleh buat? Kondisi sekarang yang belum sepenuhnya kondusif masih menjadi penghalang bagi Avanza untuk meningkatkan penjualannya. Bahkan dengan insentif pajak nol persen sekalipun.

1 COMMENT

Leave a Reply