Daihatsu Thor Seat Lift, Ramah Penyandang Disabilitas dan Lansia

2
(IDN Times)

RiderTua.com – Masih ingat dengan Toyota Sienta Welcab dan Suzuki Ertiga Support? Keduanya berupa mobil MPV yang ramah penyandang disabilitas dan penumpang lansia. Baru-baru ini Daihatsu meluncurkan Thor Seat Lift yang mirip dengan Sienta Welcab dan Ertiga Support. Itu karena model ini memiliki kursi yang bisa ditarik keluar.

Baca juga: Daihatsu Mau Tambah Mobil Baru Lagi?

Daihatsu Meluncurkan Thor Seat Lift

Memang belum banyak mobil yang menghadirkan varian ramah penyandang disabilitas serta penumpang atau pengemudi lanjut usia. Walau begitu, sudah ada sejumlah produsen yang menawarkan pilihan tersebut. Contohnya Sienta Welcab yang dirilis pada Agustus 2020 lalu oleh Toyota.

Nampaknya ini membuat Daihatsu tak mau ketinggalan untuk merilis model serupa, hanya saja khusus dijual di Jepang. Namanya Thor Seat Lift, dan dari namanya saja sudah jelas kalau varian ini dibuat untuk ‘saudara jauhnya Luxio’, Thor. Dari tampilannya memang tak ada perbedaan dengan versi standarnya, tapi untuk fiturnya sudah jelas berbeda.

(Liputan6)

Hanya Ada di Jepang?

Fitur khusus tersebut adalah kursinya bisa ditarik keluar, sehingga mempermudah akses masuk-keluar dari mobil bagi penyandang disabilitas maupun penumpang lansia. Memang ini agak berbeda dengan Sienta Welcab dan Ertiga Support, dimana kursi penumpang bagian tengahnya yang memiliki fungsi serupa. Tapi tetap saja semuanya memiliki kegunaan yang bagus.

Memang yang membuatnya berbeda dari varian standarnya yaitu kursi khususnya. Sementara untuk spesifikasi hingga fiturnya tak ada perbedaan yang begitu kontras jika dibandingkan dengan Thor varian lainnya. Sekilas model ini hampir mirip dengan Daihatsu Luxio di Indonesia, hanya saja ditempatkan di kelas mini MPV di Jepang.

Thor sendiri menjadi salah satu mobil terlaris Daihatsu di kampung halamannya, jadi tak heran kenapa varian ini diluncurkan. Jelas kalau model ini takkan dibawa ke Indonesia, walau Thor sendiri pernah terlihat berseliweran di jalan sebelumnya. Namun saat itu Thor hanya menjadi mobil uji coba untuk mengetes mesin terbarunya.

2 COMMENTS

Leave a Reply