Aramco, Sponsor Rossi yang Mengungguli Raksasa Apple atau Amazon

1

RiderTua.com – Perusahaan energi Saudi Aramco akan turun di ajang balap MotoGP pada musim 2022 sebagai sponsor utama tim VR46 Valentino Rossi. Saudi Aramco adalah perusahaan yang sudah banyak terlibat dalam olahraga balap otomotif lain seperti Formula-1 dan Dakar. Aramco menjadi mitra global pertama yang ditambahkan Formula-1 sejak Liberty Media mengambil alih kepemimpinan kejuaraan pada awal 2017. Banyak tim lain di MotoGP yang sudah eksis, namun kenapa tim yang dimiliki Valentino Rossi yang terpilih.. Yang akan mendapat dukungan perusahaan raksasa yang dimiliki oleh Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud, selama lima tahun ke depan. Berikut ini daftar 10 besar perusahaan Forbes Global tahun 2021…

Aramco, Sponsor Rossi yang Mengungguli Raksasa Apple atau Amazon

Mesin ekonomi Arab Saudi, Aramco (dimiliki oleh Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud) saat ini berada di 5 besar daftar Forbes Global 2000, peringkat tahunan yang disusun oleh majalah bergengsi dengan 2000 perusahaan swasta dunia dengan kombinasi terbaik baik dari sisi: penjualan, pendapatan, aset dan nilai pasar. Aramco merupakan satu-satunya perusahaan besar di luar Amerika Serikat dan Cina yang masuk di 10 besar. Perusahaan energi berikutnya dalam daftar adalah Sinopec (posisi-48).

Perusahaan minyak ini sudah naik peringkatnya dari tahun ke tahun, meninggalkan beberapa perusahaan terkenal seperti Apple (ke-6), Amazon (ke-10), Samsung (ke-11) atau Microsoft (ke-15). Bahkan, pada tahun 2019 Aramco dinilai sebagai perusahaan paling menguntungkan di dunia oleh FitchRatings.

Nilai pasar Saudi Aramco saat ini adalah $ 1.897,2 triliun, di belakang Apple dan Microsoft di 100 teratas dalam daftar dengan keuntungan $ 510,3 triliun.

Saudi Aramco lahir pada tahun 1933 ketika kontrak konsesi ditandatangani antara Arab Saudi dan Standard Oil Company of California (SOCAL). Setelah mensurvei gurun negara untuk minyak, pengeboran dimulai pada tahun 1935 dan produksi komersial dimulai tiga tahun kemudian. Pemerintah Arab Saudi mengambil kendali penuh atas perusahaan tersebut pada tahun 1980 .

Sebagai pemimpin dalam energi dan bahan kimia, Saudi Aramco adalah perusahaan minyak dan gas terintegrasi terbesar di dunia. Berkantor pusat di kota Dhahran, beroperasi di seluruh dunia dan memiliki lebih dari 70.000 karyawan. Perusahaan minyak ini juga merupakan kunci dari rencana Visi 2030 di mana negara Saudi ingin mendiversifikasi ekonominya dari ketergantungannya pada minyak.

Tim yang dimiliki Valentino Rossi akan turun ke MotoGP dengan dukungan dari raksasa minyak itu selama lima tahun ke depan. Saat ini, untuk tahun 2022 hanya diketahui bahwa salah satu dari dua motor Ducati akan digeber Luca Marini. Untuk yang kedua, yang menjadi favoritnya adalah Marco Bezzecchi, tetapi Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud menginginkan Rossi mengendarai lagi sebelum pensiun.

1 COMMENT

Leave a Reply