Penjualan Kijang Innova Bulan Mei 2021 Menurun Drastis, Kenapa?

0
(Toyota Astra Motor)

RiderTua.com – Boleh dibilang kalau Kijang Innova masih menjadi pemimpin segmen medium MPV di Indonesia. Angka penjualannya cukup lumayan bagus selama beberapa bulan terakhir. Tapi entah mengapa hasil penjualan Kijang Innova mengalami penurunan drastis pada Mei lalu. Meskipun MPV unggulan Toyota ini masih menempati posisi 10 besar penjualan mobil di Tanah Air.

Baca juga: Toyota Siap Hadirkan Land Cruiser 300 di Indonesia!

Hasil Penjualan Kijang Innova Menurun Pada Mei 2021

Biasanya Innova mampu menjual hingga lebih dari 5 ribu unit per bulannya, dan itu sudah cukup bagus dari hasil yang didapat oleh model medium MPV. Bulan April lalu, mobil Toyota ini sanggup terjual hingga 6.248 unit. Hasil tersebut membuatnya menduduki peringkat 5 besar dalam penjualan mobil di Tanah Air.

Namun di bulan Mei, keadaan sebaliknya terjadi dimana Innova hanya terjual sebanyak 2.719 unit saja. Sehingga Kijang Innova harus terlempar dari 5 besar dan diungguli oleh Suzuki Carry Pick-Up, walau masih masuk ke dalam 10 besar. Jika melihat dari angka penjualannya di dua bulan tersebut, selisihnya cukup besar, yaitu lebih dari 3 ribu unit.

(AutoDeal)

Tak Hanya Dialami Oleh Innova

Tentu ini penurunan yang cukup janggal, karena seharusnya Kijang Innova bisa terjual lebih dari itu. Mengenai hasil tersebut, Toyota Astra Motor (TAM) menyebut kalau penurunan ini disebabkan oleh adanya hari libur Lebaran, sehingga menurunkan proses produksi. Terlebih bulan Mei menjadi bulan terakhir penerapan insentif pajak nol persen.

Memang kondisi ini tak hanya dialami oleh Kijang Innova saja, tetapi juga hampir semua model mobil lainnya. Keadaan tersebut membuat angka penjualan mengalami penurunan secara drastis, walau sebagian masih mencatatkan kenaikan penjualan meski naik sedikit. Sepertinya inilah alasan kenapa insentif pajak mobil harus diperpanjang sampai Agustus.

Walau penjualannya pada bulan Mei menurun, tapi TAM mengklaim kalau penjualan per harinya mengalami kenaikan. Setidaknya itu sudah cukup bagus bagi Innova, walau penjualan per bulannya menurun. Apalagi mobil ini masih menjadi salah satu unggulan Toyota di Tanah Air.

Leave a Reply