Lini Mobil Sedan Nissan Terancam Tak Diteruskan?

1
(Motor1)

RiderTua.com – Boleh dibilang kalau segmen sedan saat ini terseok-seok penjualannya. Selain karena kondisi pasar, berpindahnya tren ke mobil SUV juga menjadi penyebab dari penurunan penjualan di kelas ini. Akibatnya Nissan terpaksa harus menghentikan penjualan dan produksi sejumlah model sedannya. Tercatat ada empat sedan yang bakal disuntik mati, termasuk Skyline.

Baca juga: Nissan Hadirkan Ariya Limited, Lebih Mewah!

Nissan Menghentikan Penjualan dan Produksi Sedannya

Keempat model sedan tersebut adalah Skyline, Sylphy, Fuga, dan Cima. Dari keempat model ini, Skyline menjadi sedan Nissan yang paling ikonik pada masanya, dan sayang sekali kalau mobil ini harus disudahi penjualannya. Sementara Sylphy cukup terkenal di Negeri Tirai Bambu, tapi entah apa yang terjadi pada penjualannya disana.

Skyline juga menjadi salah satu mobil Nissan tertua yang masih bertahan sampai sekarang. Mobil ini tercatat memulai debutnya pada tahun 1957 dan menuai kesuksesan pada tahun 1970-an, dengan 660 ribu unit terjual selama periode tersebut. Selain itu, Skyline menjadi salah satu mobil yang pernah dimiliki oleh bintang film Fast & Furious, yaitu Paul Walker.

(Suara.com)

Kurang Laku

Tapi apa daya, penjualan keempat model ini terus menurun selama beberapa tahun terakhir. Sehingga mau tak mau Nissan harus mengakhiri produksi keempat sedannya di Jepang, artinya mereka tak bisa memasok unitnya ke dealer lagi. Walaupun masih ada sejumlah model sedan lainnya yang masih dijual sampai sekarang.

Pabrik yang dipakai untuk memproduksi keempat sedan ini bakal dialihkan untuk merakit model SUV dan jenis lainnya. Seperti pabrik Nissan yang berlokasi di Tochigi kini dialihkan untuk memproduksi SUV listrik Ariya. Kalau sudah begini, Sylphy, Fuga dan Cima harus mengakhiri penjualannya pada tahun ini.

Bagaimana dengan Skyline? Ternyata Nissan tak mau melepas nama ini begitu saja, terlebih mobil inilah yang membesarkan namanya di pasar otomotif global. Walau tak lagi diproduksi sebagai sedan, Nissan berencana untuk menghidupkannya kembali sebagai SUV bertenaga listrik.

1 COMMENT

Leave a Reply