Ribuan Unit Mobil Tesla Kena Recall, Ini Masalahnya

1
Pemerintah Indonesia gandeng Tesla
(driving.ca)

RiderTua.com – Lagi-lagi Tesla harus berurusan dengan recall mobil, dan kali ini dilakukan di kampung halamannya sendiri. Dua model seperti Model Y dan 3 harus ditarik kembali karena mengalami masalah fungsi pada sabuk pengamannya. Lebih dari 7 ribu unit mobil Tesla yang terdampak recall tersebut. Sepertinya perusahaan besutan Elon Musk dkk ini harus kembali berkutat dengan penarikan mobilnya.

Baca juga: Mobil Pikap Tesla Sudah Dipesan 1 Juta Unit!

Lebih Dari 7 Ribu Unit Mobil Tesla Terdampak Recall

Tesla sudah lama dikenal dengan produk mobil listriknya yang berkualitas tinggi. Dari sisi desain mobil sampai teknologi otonomnya tak bisa diragukan lagi, jadi tak heran kalau penjualannya tetap bagus ditengah kondisi seperti sekarang. Bahkan model nyentrik seperti Cybertruck saja sudah menjadi buruan banyak orang di seluruh dunia.

Tapi tentu seberapa bagus apapun produknya, mobil masih memiliki kekurangannya. Namun jika kekurangan tersebut bisa merepotkan atau malah berbahaya, maka harus segera ditangani sebelum terlambat dengan melakukan recall. Tesla sendiri sudah menarik setidaknya 7.696 unit Model 3 dan Y di Amerika Serikat.

(Motor1)

Diusahakan Bisa Rampung

Masalah utamanya yaitu pada sabuk pengamannya atau seatbelt yang tak terpasang rapat saat digunakan. Ini tentu bisa membahayakan penumpang maupun pengemudinya, karena jika terjadi kecelakaan, seatbelt tak mampu bekerja dengan baik dan meningkatkan resiko cedera. Masalah tersebut sudah dikirim Tesla ke NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) jauh sebelumnya.

Dua model yang terdampak berupa unit produksi 6 Juli 2018 sampai 21 Maret 2020. Namun ini baru setengah dari total unit yang ditarik dengan masalah serupa, sebab Tesla berencana menarik 2,1 ribu unit Model Y crossover tanggal produksi 26 November 2019 sampai 30 Maret 2021. Sepertinya mereka masih punya banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Tentu ini bukan pertama kalinya Tesla melakukan recall terhadap produknya. Sebelumnya mereka menarik hampir 6 ribu unit Model 3 dan Y gara-gara masalah pada kaliper remnya. Bahkan disebutkan recall seatbelt tersebut menjadi ketiga kalinya terjadi dalam sepekan terakhir di AS.

1 COMMENT

Leave a Reply