Categories: MotoGP

Bisakah ‘El Diablo’ Dihentikan?

RiderTua.com – Bisakah ‘El Diablo’ dihentikan? “Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di balapan, tapi saya tidak merencanakan strategi untuk menahan Fabio,” kata Franky. Tahun lalu, Franco Morbidelli berhasil meraih pole position di GP Catalunya. Untuk seri ke-7 MotoGP musim 2021 di Montmelo, rider Petronas Yamaha itu mencatatkan waktu tercepat di FP3 namun saat kualifikasi Franky harus puas start dari posisi ke-5. Rider berusia 26 tahun itu berharap bisa memanage ban dari keausan sepanjang balapan di hari Minggu. “Saya punya kualifikasi yang baik. Saya nyaman dengan motornya, saya bisa memacu. Secara keseluruhan, saya memiliki perasaan yang sangat baik dan saya melahap 3 lap yang sangat bagus. Mungkin itu yang terbaik, sayangnya waktunya dibatalkan karena bendera kuning. Tapi saya merasa sangat baik di trek hari ini,” tegas Franco pada Sabtu sore di Montmelo.

Franco Morbidelli: Balapan akan jadi Pertarungan Seru

Mengenai balapan besok, masih ada banyak pertanyaan terutama soal pemilihan ban. “Saya mencoba memakai ban campuran di FP4 (medium dan hard). Kedua ban ini sangat mirip, yang membuat keputusan menjadi sulit. Sangat penting untuk membuat pilihan yang tepat. Tapi saya percaya, bahwa tidak peduli yang mana, ban pasti akan aus,” ujar rekan setim Valentino Rossi itu.

“Akan ada ‘penurunan’ performa ban. Jadi kami harus siap menderita dan kesulitan, terutama menjelang akhir balapan. Kami tidak tahu di mana kami akan berakhir, dan kami belum menetapkan target khusus. Karena ada banyak pembalap dengan kecepatan yang sama. Ini akan menjadi sulit, itu akan menjadi pertarungan yang seru.”

Mantan rekan setimnya Fabio Quartararo menjadi favorit setelah mencatatkan waktu tercepat di FP4 dan kualifikasi. Bisakah ‘El Diablo’ dihentikan? “Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di balapan, tapi saya tidak merencanakan strategi untuk menahan Fabio. Saya hanya merencanakan balapan secepat mungkin,” jawab Morbidelli.

“Dibandingkan dengan rider lain, Fabio memiliki banyak pengalaman di trek ini. Dia selalu sangat cepat di sini. Jika ada seseorang yang harus menghentikan Fabio, itu bukan saya. Setidaknya tidak untuk saat ini.”

Menurut Morbidelli, siapa lawan utamanya? “Ada banyak. KTM mulai cukup jauh di depan, Ducati akan ada di sana. Akan ada banyak saingan besok. Saya melihat Fabio sedikit lebih jauh di depan. Tetapi setelah dia, ada banyak pembalap cepat yang lain,” ungkap rider asal Italia itu.

Tahun lalu GP Catalunya diundur hingga akhir September 2020, para pembalap Suzuki diuntungkan saat ban mulai aus. Apakah situasinya sebanding?  Franky menjelaskan, “Menurut saya ini akan menjadi balapan yang serupa seperti tahun lalu. Tingkat keausan ban sangat besar. Jika itu masalahnya, Suzuki sangat bagus. Jika rider lain menerobos masuk, mereka akan berhasil membalap lebih cepat.”

“Yang mempengaruhi balapan saya tahun lalu adalah ban depan yang aus. Tahun ini, ada kemungkinan membalap dengan ban medium, jadi sepertinya akan meminimalisir masalah di depan. Ban belakang, jelas pasti menderita keausan. Akan menarik untuk melihat bagaimana saya akan berada di sana ketika ban sudah aus,” renung pemenang MotoGP 3 kali itu.

“Di FP4 kecepatan saya tidak buruk. Bagaimana keadaan besok, tergantung pada banyak hal. Apakah saya banyak kesulitan atau tidak, apakah ada banyak atau sedikit motor di depan saya? Sangat sulit untuk membuat perkiraan. Yang pasti ban akan mengalami degradasi,” pungkas rider blasteran Italia-Brasil itu.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024