Divisi Sport Mitsubishi Siap Dihadirkan Kembali?

1
(Auto Express)

RiderTua.com – Bagi pecinta mobil rally, tentu tidak asing dengan nama Mitsubishi Ralliart. Divisi sport dari produsen mobil asal Jepang tersebut dikenal dalam melahirkan sportcar yang berlaga di ajang rally. Kini Mitsubishi berencana untuk menghidupkan kembali Ralliart. Seperti sebelumnya, mereka akan menghadirkan aksesori sporty khusus, dan kemungkinan bakal berhadapan langsung dengan Toyota GR Sport.

Baca juga: Mitsubishi Dapat 980 Unit SPK Selama IIMS Hybrid 2021

Mitsubishi Berencana Untuk Menghidupkan Kembali Ralliart

Divisi Ralliart pertama kali didirikan pada bulan April 1984 untuk membuat sejumlah mobil berperforma tinggi untuk diikutkan dalam ajang rally. Dari sini, Mitsubishi mampu meraih berbagai gelar kejuaraan, dari World Rally Championship sampai ajang bergengsi Dakar Rally. Semuanya dimenangkan oleh SUV Pajero sampai sedan legendaris Lancer Evolution.

Namun semuanya berubah ketika memasuki tahun 2005, dimana Mitsubishi memutuskan untuk mundur dari kompetisi balap rally karena sejumlah kesalahan manajemennya. Meskipun begitu, Ralliart tetap menyediakan suku cadang sporty sampai tahun 2010 karena penurunan permintaan. Namun kini Mitsubishi ingin menghadirkannya kembali ke pasar otomotif modern.

(usanewswall)

Sambut Konsumen Lama dan Baru

Entah apa yang membuat Mitsubishi menghadirkan Ralliart kembali ke pasar. Mungkin karena mereka melihat pasar suku cadang aftermarket mengalami peningkatan, sehingga mereka ingin kembali bersaing disitu. Terlebih setelah rivalnya, Toyota, menjadi juara manufaktur pada World Rally Championship (WRC) 2018 lalu membuat Mitsubishi tertantang untuk menghadirkannya kembali.

Sebenarnya Mitsubishi dulu sering langganan juara WRC. Tapi sejak mereka hengkang dari kejuaraan tersebut selama 15 tahun seakan membuat Toyota memanfaatkan kesempatan ini untuk ‘mengambil alih’. Nampaknya Mitsubishi tak rela kehilangan gelar juara dalam kompetisi balap rally tersebut, sehingga Ralliart dihidupkan kembali oleh mereka.

Meskipun begitu, belum jelas apa yang akan dilakukan Ralliart setelah mereka melakukan ‘epic comeback’. Tapi disebutkan kalau mereka bakal meluncurkan model CUV (crossover-SUV) pada tahun 2023, berupa model PHEV (plug-in hybrid) dengan penggerak 4WD.

1 COMMENT

Leave a Reply