Beda Nasib Nissan Magnite di India dan Indonesia

1
(Motor1.com)

RiderTua.com – Rocky dan Raize sudah dirilis di Indonesia, meskipun Kia Sonet dan Nissan Magnite hadir lebih dulu. Mobil SUV ‘bertampang Datsun’ ini juga sempat menarik perhatian dari konsumen karena desainnya yang berbeda dari model Nissan lainnya. meskipun begitu, nasib Magnite di Indonesia ternyata berbeda dengan di India. Dimana di negara ini, Magnite menjadi buruan banyak konsumen disana.

Baca juga: Harga Nissan Magnite Naik Bulan Ini!

Nasib Magnite di Indonesia Berbeda Dengan di India

Magnite menjadi mobil SUV terbaru Nissan Motor Indonesia (NMI) setelah Terra diduga sudah tak dijual lagi disini. Modelnya yang kompak, dipadu dengan grille ala mobil Datsun yang pernah mewarnai pasar roda dua Tanah Air. Meskipun begitu, masih ada kesan ala mobil Nissan dari model tersebut.

Sama seperti Sonet, Magnite didatangkan langsung dari India dengan harga yang lumayan terjangkau. Meskipun begitu, ternyata model ini terjual sebanyak 68 unit sepanjang empat bulan pertama tahun 2021, dan itu tentu angka yang cukup kecil. Entah apakah ini akibat dari persaingan ketat dari kelas SUV diatasnya atau karena hadirnya Sonet serta Rocky-Raize.

(Nissan Indonesia)

Makin Terpuruk?

Sementara itu di India, Nissan malah mampu menjual hingga 2.904 unit Magnite selama sebulan, jauh lebih banyak dari hasil yang didapat di Indonesia. Bahkan hasil tersebut membuatnya unggul dari ‘saudara dekatnya’, Renault Kiger, yang disebut terjual hanya 2,8 ribu unit saja. Tapi dengan kondisi yang makin memburuk disana, angka tersebut bisa anjlok sewaktu-waktu.

Magnite sejatinya merupakan mobil yang cukup bagus, hanya saja model SUV atau MPV lebih tinggi yang mendominasi pasar. Ditambah dengan kehadiran Rocky dan Raize, membuat Magnite dan Sonet mendapat ruang sempit untuk bersaing melawan ‘si kembar’ tersebut. Selain itu, pengiriman unit ke konsumen terhambat oleh kondisi yang terjadi di Negeri Bollywood.

Meski hanya terjual sedikit, NMI tak terlalu fokus pada angka penjualannya. Asalkan bisa menghadirkan pilihan SUV mungil bagi konsumen Indonesia, tentu itu sudah jauh lebih baik.

1 COMMENT

Leave a Reply