Impor Mobil Suzuki dan Kia Dari India Bisa Terganggu?

1
(AyoSemarang)

RiderTua.com – Belakangan ini kondisi di India sudah semakin buruk, bahkan bisa membuat industri otomotif disana terpuruk lagi. Tentu ini yang dikhawatirkan oleh sejumlah merek di Indonesia yang mendatangkan unit mobilnya dari sana. Suzuki dan Kia menjadi salah satu merek di Tanah Air yang masih mengimpor mobil dari India. Walau kondisi disana makin memburuk, tapi stoknya disebut masih aman untuk saat ini.

Baca juga: Ekspor Mobil Suzuki Meningkat Berkat XL7

Suzuki dan Kia Mengimpor Mobil Dari India

Dari sekian produsen yang ada, Suzuki dan Kia menjadi salah satu produsen yang masih mendatangkan unit dari India. Sejumlah model seperti SX4, Baleno, sampai Sonet semuanya didatangkan dalam bentuk CBU (completely bulit-up). Memang keduanya belum bisa merakitnya secara lokal di Indonesia karena suatu alasan.

Namun dengan kondisi yang semakin memburuk di India membuat kedua produsen ini sempat khawatir. Sebab jika keadaannya seperti itu, maka proses pengiriman unitnya bisa terganggu juga, sehingga konsumen harus mengantri sampai unitnya dipasok lagi. Tetapi mereka kini tak terlalu mengkhawatirkannya karena stoknya disebut masih mencukupi permintaan konsumen Tanah Air.

(CNN Indonesia)

Stok Tetap Aman

Kia menyebut untuk saat ini stok model seperti Seltos dan Sonet masih aman-aman saja, setidaknya untuk sekarang. Sebab keduanya menjadi unggulan merek asal Korea Selatan ini di Indonesia, dan bisa jadi masih ada banyak konsumen yang ingin membelinya. Tapi sejauh ini belum ada krisis stok mobil yang menimpa Kia.

Sementara Suzuki juga mengatakan hal serupa seperti Kia, dimana stok model seperti Baleno, SX4 S-Cross, dan Ignis dirasa sudah cukup. Seakan Suzuki tak terlalu mengkhawatirkannya, mengingat mereka lebih fokus pada ekspor dan perakitan lokal model unggulannya. Ertiga, XL7, dan Carry Pick-Up menjadi andalannya disaat kondisi masih belum sepenuhnya membaik.

Tak hanya Suzuki dan Kia yang mendatangkan unitnya dari India, karena masih ada Nissan dan Renault dengan model Magnite dan Triber. Belum jelas bagaimana stok keduanya sekarang, apakah sudah cukup jumlahnya atau agak terganggu.

1 COMMENT

Leave a Reply