Ekspor Mobil Suzuki Meningkat Berkat XL7

0
(Suzuki Indonesia)

RiderTua.com – Ditengah situasi tak mendukung seperti sekarang, ekspor mobil masih berjalan seperti biasa. Malah terjadi kenaikan angka ekspor jika dibandingkan dengan penjualan di dalam negeri. Seperti yang dialami Suzuki, yang alami kenaikan angka ekspor mobil hingga 12 persen. Model unggulannya, XL7, yang menyumbang hasil lebih besar dari model Suzuki lainnya.

Baca juga: Suzuki Ertiga Versi Toyota Dirilis Tahun Depan?

Suzuki Alami Kenaikan Ekspor Mobil Hingga 12 Persen

Tahun 2020 lalu menjadi tahun yang cukup sulit bagi Suzuki dan produsen otomotif lainnya. Bagaimana tidak, untuk meningkatkan angka penjualan mobil saja sudah sulit karena kondisi pasar yang belum mendukung. Meskipun mereka masih bisa berjualan seperti biasa dengan model niaga seperti Carry.

Selain mengandalkan penjualan dari Carry, Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga mengekspor mobil ke luar negeri, entah itu XL7, Ertiga, atau Karimun Wagon R. Yang jelas, pada kuartal pertama tahun ini mereka mampu mengekspor lebih banyak model sehingga mengalami kenaikan hingga 12 persen. Angka yang cukup kecil, tapi itu dirasa cukup bagi SIS.

(Otosia)

XL7 dan Ertiga

Lagi-lagi XL7 menjadi unggulan Suzuki di pasar global, dengan total kontribusi mencapai 25,3 persen dengan unit yang dikirim dalam bentuk CBU (completely built up). Saat ini XL7 sudah dihadirkan di sejumlah negara, bahkan kini sudah tembus ke Brazil (dengan nama Ertiga XL7). Tak heran kalau SIS mengandalkan LSUV ini, baik di pasar domestik maupun mancanegara.

Selain XL7, Karimun Wagon R dan Ertiga memberikan kontribusi penjualan ke luar negeri hingga 29,3 persen dan 14,1 persen. Untuk Wagon R sendiri yang dikirim berupa unit CKD (completely knock down), berbeda dengan dua mobil sebelumnya. Sementara Carry pikap mengalami peningkatan permintaan dari luar negeri hingga 66 persen.

Memang XL7 menjadi unggulan SIS, tapi masih ada tiga model lainnya yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Terlebih Carry Pick-up yang memiliki performa penjualan yang cukup bagus belakangan ini, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Leave a Reply