Categories: MotoGP

Skenario VR46-Aprilia Paling Tidak Mungkin..!

RiderTua.com – Beberapa hari lalu, ada rumor dari media besar Italia bahwa tim VR46 milik Rossi akan menjadi tim satelit Aprilia pada tahun 2022. Namun beberapa pengamat menilai kesepakatan dengan Ducati jauh lebih mungkin terjadi. Dengan alasan yang lebih bagus. “Skenario yang paling tidak mungkin adalah bahwa VR46 akan mencapai kesepakatan dengan Aprilia di MotoGP,” kata ‘orang dalam’ Dorna hari ini. Kenapa bisa begitu dan apa alasannya?

Skenario VR46-Aprilia Paling Tidak Mungkin

Tiga dari enam tim satelit telah mendapatkan motor untuk musim MotoGP 2022 dan dalam beberapa kasus untuk tahun-tahun berikutnya hingga 2026. Pramac melanjutkan Ducati, LCR dengan Honda, Tech3 dengan KTM. Petronas SRT mungkin bisa ke Suzuki, (meskipun pabrikan Suzuki belum memutuskan untuk membentuk tim satelit). Oleh karena itu, harus ada kontrak baru antara Petronas dan Yamaha. Kontrak Petronas yang selama ini berjalan (tiga tahun) akan berakhir setelah musim ini.

Jadi tinggal tim Gresini Racing dan VR46 yang mencari motor untuk musim yang akan datang. Ducati dan Aprilia ada dua kemungkinan yang bisa diperebutkan sebagai mitra. Sementara, KTM berencana melengkapi tim MotoGP ketiga paling cepat pada 2023.

Kenapa Tidak Mungkin?

Media terkenal Italia GPOne, memberitakan bahwa Aprilia juga menjadi pilihan tim Sky VR46 untuk tahun 2022. Di mana Rossi memulai karirnya di GP di Kejuaraan Dunia di kelas 125 dan 250 bersama Aprilia. Tetapi skenario ini tidak mungkin terjadi.

  • Alasan pertama, karena Aprilia telah menjadikan Gresini Racing sebagai tawaran yang sangat menguntungkan secara ekonomi, dan jauh lebih terjangkau di bawah Ducati.
  • Nadia Gresini dan Direktur Komersial Carlo Merlini akan tetap bersama Aprilia jika mereka memutuskan untuk terus mengoperasikan tim MotoGP selama lima tahun sesuai rencana.
  • Sekitar 10 juta uang sponsor dibutuhkan per tahun untuk ini… Merlini sedang bernegosiasi dengan donatur asal Indonesia yang sudah mendukung tim Gresini di kelas Moto3 dan Moto2.
  • Rossi akan membiayai tim balapnya melalui program besar: Saudi Vision 2030 dan pada tahun 2022 akan mengiklankan perusahaan minyak Saudi raksasa ARAMCO, yang go public pada tahun 2020.
  • Rossi mengambil alih dua posisi tim dari Esponsorama Ducati dan akan menandatangani kontrak lima tahun dengan Dorna. Itu artinya VR46 lebih condong ke Ducati
  • Ducati Corse sangat membutuhkan tim ketiga selain Tim Pabrikan (Miller, Bagnaia) dan Pramac (Zarco, Martin) karena pabrikan memiliki opsi kontrak untuk keenam pebalap untuk tahun 2022 dan keenam pembalap harus dipertahankan.
  • Ducati akan memilih opsi mempertahankan dua pembalap Esponsorama Ducati saat ini Bastianini dan Marini. Karena kedua pemula ini mungkin tidak ingin terbiasa dengan motor baru lagi, terutama karena Aprilia belum membangun logistik atau tenaga kerja untuk tim satelit dan bahkan tidak mempekerjakan test rider permanen.
  • Bahkan akan sulit membujuk anak didik Rossi, Morbidelli, untuk pindah dari Yamaha ke Aprilia.

Semua negosiasi akan berlanjut akhir pekan depan di Jerez. Suzuki kemungkinan akan segera mengumumkan bahwa mereka menunda rencana tim pelanggan hingga 2023.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024