Operasi Jorge Martin Ditunda, Absen di GP Spanyol?

0

RiderTua.com – Putaran ke-4 MotoGP 2021 GP Spanyol akan digelar di sirkuit Jerez (30 Apr – 02 Mei), itu artinya kurang dari 10 hari semua pembalap harus bersiap diri. Menyusul operasi Jorge Martin ditunda (akibat benturan keras di kepala, operasi tidak bisa segera dilakukan).. Martinator berpotensi absen, bahkan dia diragukan oleh bosnya bisa ambil bagian di balapan rumahnya… “Sangat sulit baginya untuk berada di Grand Prix Spanyol, saya hampir mengesampingkannya,” kata manajernya, Albert Valera… Pembalap tim satelit Pramac Ducati, Jorge Martin harus dioperasi setelah crash di FP3 GP Portugal. Karena infonya terjadi penundaan dalam operasi dan cedera, dia bisa comeback balapan di seri Prancis (putaran ke-5) dan bukan di GP berikutnya di Spanyol.

Operasi Jorge Martin Ditunda, Absen di GP Spanyol

Salah satu momen paling menegangkan di GP Portugal adalah crash hebat yang di alami Jorge Martin di FP3. Setelah menjalani pemeriksaan pertama di Mobile Clinic sirkuit, dia dipindahkan ke Rumah Sakit Faro di mana tiga patah tulang terdeteksi yang memerlukan intervensi bedah. Untuk alasan ini, Ducati menyewa pesawat dari Portimao ke Barcelona untuk membawanya ke klinik Dexeus Quiron dan melanjutkan operasi. Namun, karena benturan keras di kepalanya, operasi ditunda karena tim medis tidak menyarankan Martin di bawah pengaruh bius total. Pembalap MotoGP itu diawasi selama 24 hingga 48 jam lagi.

Dilansir dari Motorsport, intervensi akhirnya akan dilakukan pada hari Rabu. Setelah jatuh di Portimao, Jorge Martin mengalami patah tulang pada metakarpal pertama pada jari telunjuk kanan dan malleolus medial pada pergelangan kaki kanan. Ini adalah cedera untuk dioperasi, tetapi dia juga menderita patah tulang kecil di tangan kiri metakarpal kelima yang tidak memerlukan operasi.

Setelah Crash Hebat di Tikungan-7, Jorge Martin Dinyatakan Tidak Fit
Kembalinya dia ke balapan MotoGP tergantung pada pemulihan dan kondisi kesehatannya. Manajernya, Albert Valera, telah memberikan pernyataannya di media motorsport, menjelaskan tenggat waktu Martin. Albert Valera mengatakan bahwa comeback pembalapnya ke MotoGP lebih mungkin terjadi di GP Prancis alih-alih memaksa dijadwalkan di Spanyol dalam 10 hari kedepan.

“Hal terpenting sekarang adalah Jorge pulih dulu. Pertama mereka harus mengoperasinya dan melihat bagaimana pasca operasi berjalan, tetapi kami tidak terburu-buru, jika dia harus menunggu seri Le Mans, kami akan menunggu. Kami tidak akan mempercepat operasi karena kami berada di Jerez, dia harus pulih terlebih dahulu. Saya melihat sangat sulit, saat ini, baginya untuk berada di GP Spanyol, saya hampir mengesampingkannya. Padahal dalam hal ini tidak pernah ada yang 100% pasti (segala sesuatu bisa saja terjadi, seperti comeback-nya Lorenzo yang cepat),” jelas Albert Valera tentang keadaan Jorge Martin.

GP Prancis dijadwalkan pada 14 Mei – 16 Mei 2021, bagi pembalap MotoGP patah tulang sepertinya cepat dalam hal penyembuhan (paling tidak bisa balapan lagi meski belum total sembuh).. Namun di musim yang jadwalnya padat ini jika cedera dan absen akan banyak seri yang berpotensi terlewat, dan merugikan bagi perebutan gelar..

Leave a Reply