Avanza dan Kijang Innova EV Mulai Dipertimbangkan?

0
(Toyota Motors Cebu)

RiderTua.com – Toyota tengah memikirkan untuk memperkuat dominasinya di segmen mobil ramah lingkungan di Indonesia. Mereka tak mau kalah dari Hyundai yang sudah menghadirkan Kona EV dan Ioniq sebelumnya. Toyota sudah berencana untuk menghadirkan varian listrik atau EV untuk Avanza dan Kijang Innova. Sebab keduanya memiliki potensi besar di segmennya.

Baca juga: Toyota Siap Rilis Innova Edisi Spesial!

Toyota Berencana Menghadirkan Varian EV Avanza dan Innova

Era elektrifikasi mobil di Tanah Air belum sepenuhnya tersebar luas, tapi produsen roda empat sudah memasang kuda-kuda untuk memproduksinya secara lokal. Nampaknya mereka mulai was-was dengan Hyundai yang sudah menghadirkan dua mobil listriknya sejak tahun lalu. Ini menandakan kalau elektrifikasi mobil sudah dimulai di Indonesia.

Namun dari segmen yang ada, segmen MPV seakan hampir tak tersentuh oleh model EV, bahkan hibrida sekalipun. Meski sebenarnya Suzuki Ertiga pernah menghadirkan varian Diesel Hybrid yang tak lagi dijual sejak generasi terbarunya meluncur. Tapi itu saja masih belum cukup, sehingga Toyota terpikir untuk membawa varian EV.

(Toyota Astra Motor)

Segmen MPV

Toyota Astra Motor (TAM) ingin memberikan varian listrik untuk duo MPV unggulannya, yaitu Avanza dan Innova. Kenapa? Agar Toyota bisa lebih mudah menjaga rantai suplai yang sudah terbentuk selama ini. Dengan begitu, mereka tak perlu repot-repot untuk memulainya dari awal karena pabrik produksinya sudah lama memproduksi kedua MPV ini.

Selain itu, mungkin ada alasan lain kenapa varian EV diberikan untuk Avanza dan Innova. Segmen MPV masih cukup ramai dan menjadi incaran bagi konsumen Indonesia yang menginginkan mobil penumpang dengan harga terjangkau. Apalagi segmen ini akan menjadi solusi lain untuk mengenalkan teknologi EV kepada masyarakat lebih jauh lagi.

Nampaknya Toyota sangat berhati-hati dalam memproduksi mobil agar jangan sampai menjadi ‘produk gagal’. Terlebih seolah-olah mereka ingin menyaingi Hyundai untuk menghadirkan varian ramah lingkungan di segmen sejuta umat.

Leave a Reply