Piaggio Bisa Bawa Motor Skutik Aprilia ke Indonesia?

0
(Autocar India)

RiderTua.com – Memang Aprilia sudah dikenal dengan sejumlah produk motor sport-nya. Tapi siapa sangka kalau merek sepeda motor ini juga punya model skutik bongsor 160 cc. Skutik Aprilia ini dikenal sebagai SXR dan SR 160, dan disebut punya potensi untuk dijual di Indonesia. Namun Piaggio yang memegang merek ini di Tanah Air belum bisa mempertimbangkannya.

Baca juga: Piaggio Luncurkan Motor Baru Lagi, Roda Tiga !

Skutik Aprilia SXR dan SR 160 Punya Potensi di Indonesia

Mungkin kalau diperhatikan, nama dari kedua motor ini sekilas hampir serupa, tapi yang membedakannya tentu saja desainnya. SXR 160 nampak lebih bongsor dari SR 160, atau hampir sebesar skutik lainnya, seperti Honda PCX 160. Sementara model SR sekilas mirip Honda Beat atau sejenisnya.

Hanya saja berbeda dengan motor tersebut, SR 160 memiliki desain yang lebih ramping dan sekilas mirip motor balap karena desain livery-nya. Skutik semacam ini memang cukup langka ditemukan di pasar, apalagi Indonesia. Sehingga kedua motor tersebut punya peluang untuk bersaing dengan model sekelasnya karena segmennya yang semakin ngetren belakangan ini.

(Bennetts Insurance)

Skutik Sporty

Sejauh ini Aprilia di Tanah Air hanya menyediakan model sport, seperti Shiver 900 dan RSV4 RR Race Pack. Jadi kenapa tak menghadirkan dua skutik Aprilia tersebut? Ternyata Piaggio Indonesia masih ragu-ragu untuk mendatangkannya untuk saat ini karena suatu alasan yang spesifik.

Alasan yang dimaksud yaitu mengenai persiapan seperti dealer hingga penjualannya disini. Untuk menghadirkan suatu produk, Piaggio harus menyiapkan dealer, spare part, aksesori, dan tentu saja produk itu sendiri. Meski SXR dan SR 160 nampak sebagai calon skutik yang pas untuk dijual di Indonesia, tapi tentu Piaggio harus melakukan riset pasar untuk melihat potensinya.

Kalau diluncurkan, maka SXR 160 akan menjadi lawan yang pas bagi PCX 160, karena sama-sama berupa model skutik bongsor bermesin 160 cc. Untuk SR 160 sendiri mungkin akan membentuk segmen baru, atau setidaknya ditempatkan di kelas skutik biasa.

Leave a Reply