Quartararo dan Zarco Yakin Marquez Comeback di Qatar

0

RiderTua.com – Quartararo dan Zarco yakin Marquez comeback di Qatar… Pada hari Selasa lalu, bintang Repsol Honda MotoGP Marc Marquez berada di Circuit de Barcelona-Catalunya untuk menjalani latihan. Tak hanya para fans tak sabar menanti kehadiran juara dunia 8 kali itu, rekan-rekan Marc di MotoGP juga terus mengup-date perkembangan dari Marc Marquez. Fabio Quartararo dan Johann Zarco salah satunya. Akankah pembalap berusia 28 tahun itu akan comeback di balapan pembuka pada 28 Maret di GP Qatar? Fabio Quartararo dan Johann Zarco punya keyakinan tentang hal ini. “Meski dia tak menjalani tes, dia akan berada di Qatar pada hari Sabtu dan Minggu,” kata pembalap Yamaha itu yakin. Tapi akankah Marc Marquez menemukan levelnya kembali setelah istirahat selama 8 bulan dan tiga kali operasi lengan atas? Berikut jawaban Zarco…

Quartararo dan Zarco Yakin Marquez Comeback di Qatar

Seminggu sebelum balapan pertama tahun ini, masih belum jelas apakah Marc Marquez akan kembali menunggangi Honda RC213V untuk pertama kalinya. Genap 8 bulan setelah cedera lengan atas yang fatal di Jerez, tepat pada waktunya untuk kick-off di Qatar. Minggu ini dia melakukan latihan putaran di Montmelo dengan RC213V-S. Sebelumnya, pembalap asal Spanyol ini mengungkapkan jika dirinya sudah merasa lebih baik untuk kembali ke sirkuit GP.

Quartararo yakin, Marc Marquez akan kembali pada balapan awal GP Qatar-1. “Kami benar-benar tidak tahu bagaimana lengannya, tapi saya pikir dia pasti memiliki sesuatu di ‘saku’nya. Kita semua tahu bahwa Marc memiliki pengalaman yang luar biasa. Kita berbicara tentang seorang pembalap yang merupakan juara dunia 8 kali, 6 di antaranya dia menangkan di MotoGP. Meski dia belum menyelesaikan tes, kami tahu betul bahwa dia mungkin mengalami kesulitan pada hari Jumat. Tapi dia akan berada di sana pada hari Sabtu dan Minggu,” kata pembalap pabrikan Yamaha itu.

Pembalap asal Prancis itu melanjutkan, “Kembalinya bintang Repsol Honda itu bagus untuk kejuaraan dunia. Dia banyak membantu di tahun pertama saya, karena saya menggunakan dia sebagai referensi dan mencoba untuk mengikutinya. Ini mengubah batasan saya. Dia ada di sana sejak awal, adalah hal baik yang akan berdampak pada beberapa pembalap termasuk saya, karena itu akan menjadi motivasi tambahan.”

Marc Harus Tetap Menjaga Lengannya

Zarco setuju dengan rekan senegaranya itu, dia berkata, “Marc akan berada di sana untuk ‘foto-foto’ pada Rabu atau Kamis. Karena dia naik motor lagi, dia juga akan mulai membalap lagi. Menurut saya, dia akan berhasil bersaing sepanjang balapan. Dan saya berharap demikian untuknya, karena dia sudah lama menunggu.”

Pembalap Pramac Ducati itu juga tahu, “Kami semua dalam kondisi yang baik karena kami menjalani musim tahun lalu dan sekarang kami memiliki tes yang bagus. Kami semua panas dan dalam ritme. Tapi dia memiliki kemampuan untuk menemukan ritme dengan sangat cepat jika tidak ditahan oleh lengannya yang cedera. Bahkan jika dia memiliki keluhan kecil, dia akan melakukannya.” Zarco yakin Marc Marquez tidak akan menyerah, karena itulah karakternya.

Pembalap Prancis berusia 30 tahun itu menasihati Marc untuk menjaga lengannya. Oleh karena itu, dia dapat mengikuti GP Qatar-1 sebagai sesi latihan. “Dia tidak harus membuktikan bahwa dia adalah pembalap yang cepat. Dia adalah juara dunia 8 kali dan untuk saat ini yang terbaik dia yang terbaik sampai tahun lalu,” imbuh Zarco.

Tapi akankah Marc Marquez menemukan levelnya kembali setelah istirahat selama 8 bulan dan tiga kali operasi lengan atas? “Saya kira begitu, tapi dia tidak harus membuktikan apapun. Dia hanya harus sembuh dulu,” tegas Zarco.

Leave a Reply