Honda Pastikan Komponen Mesin PCX 160 Sudah Lokal

0
Honda PCX 160 Datang
(Top Gear Phillipines)

RiderTua.com – Sudah kurang dari setahun sejak Honda mengenalkan PCX 160 di tiga negara, yaitu Jepang, Thailand, dan Indonesia. Motor skutik ini tak hanya hadir dengan penampilan baru, tetapi juga mesin yang juga baru. Soal komponen mesin PCX 160, Honda menjamin hampir seluruhnya berupa buatan lokal. Jadi tak perlu repot-repot mendatangkannya dari luar negeri seperti PCX model lama.

Baca juga: Honda Vario 160 akan Hadir Tahun Ini?

Komponen Mesin PCX 160 Hampir Seluruhnya Buatan Lokal

PCX menjadi satu diantara sejumlah motor Honda yang dirakit lokal di Indonesia. Walau pada awal kehadirannya di Tanah Air, skutik ini masih didatangkan dari negara tetangga, Thailand. Barulah sekitar tahun 2018, Honda memutuskan untuk merakitnya secara lokal sehingga banderolnya lebih murah dari mdoel CBU.

Bahkan untuk model terbarunya, PCX 160 sudah berupa model rakitan lokal. Astra Honda Motor (AHM) menjamin hampir semua komponen mesinnya sudah dibuat di dalam negeri. Jadi bisa dikatakan kalau masih ada sejumlah kecil komponen yang didatangkan dari Jepang.

(Motorcycle.com)

Harga Bisa Ditekan

Mesin terbaru PCX 160 kini memakai segelintir komponen terbaru, contohnya piston oil jet, dimana komponen ini berguna untuk mengurangi hambatan serta meningkatkan rasio kompresi. Tak sampai disitu, oil jet juga dapat mencegah pembakaran tidak normal akibat knocking atau sejenisnya. Komponen tersebut sempat disebut bermasalah, tapi kini sudah ditangani oleh Honda.

Mesin 160 cc kini lebih bertenaga dari mesin 150 cc lamanya, dan dengan ini motor bisa menghasilkan tenaga lebih besar. Mesin yang hampir seluruh komponennya dibuat lokal dapat membantu menekan harga jual PCX 160 seperti model lamanya. Sepertinya itu sudah menjadi hal bagus mengingat PCX menjadi salah satu skutik bongsor yang cukup populer di Tanah Air.

Hampir semua motor Honda yang dijual di Indonesia sudah dirakit lokal, kecuali untuk motor yang dijual terbatas atau dibuat khusus di Jepang. Itu mungkin tak menjadi masalah, walaupun ada motor yang sangat disukai oleh konsumen.

Leave a Reply