New Honda Legend Dirilis, Ada Teknologi Otonom Level 3!

0
(Car and Driver

RiderTua.com – Tahun ini sepertinya akan menjadi milik Honda, karena mereka sudah mengenalkan berbagai macam produk baru. Setelah sukses meluncurkan City Hatchback di kawasan ASEAN, merek otomotif ini mengenalkan model anyar lainnya. Dikenal sebagai New Honda Legend, yang sekilas tak membawa ubahan signifikan. Hanya saja kini dilengkapi sistem otonom level tertinggi di dunia.

Baca juga: Honda Belum Tertarik ke Segmen Small SUV?

New Honda Legend Sekilas Tak Membawa Ubahan

Mungkin belum banyak yang kenal dengan mobil yang satu ini, karena hanya tersedia di sejumlah kecil negara seperti Jepang. Walau Legend menjadi salah satu sedan mewah yang cukup dikenal di kampung halamannya. Apalagi di Amerik Utara, dimana model ini dijual dengan nama Acura RLX.

Sayangnya kembaran dari Acura tersebut harus dihentikan penjualannya karena kurang laku, serta takkan menghadirkan penerusnya. Legend sendiri masih terus dijual di Negeri Sakura, dan kini mendapat minor change. Disebut minor change karena hanya mendapat fitur baru, sedangkan modelnya tak berubah sama sekali.

(Motor Authority)

Teknologi Baru

Walau sekedar tambahan fitur baru, tapi jangan remehkan dulu fitur ini. Sebab Honda sudah memasangkan teknologi otonom Level 3, dan menjadi mobil Honda pertama yang memakainya. Meski tak berada di level maksimal, tapi kemampuannya sudah tak bisa diragukan lagi.

Teknologi ini dapat menghindari kecelakaan pada pejalan kaki atau kelalaian pengemudinya. Seperti ketika mobil kehilangan kontrol, maka seatbelt menghasilkan getaran untuk menyadarkan pengendara, dan jika tidak berhasil, otomatis mobil berhenti secara perlahan dan menyalakan lampu hazard. Semua ini berkat sistem Traffic Jam Pilot, serta tak lupa dilengkapi dengan sisten navigasi yang canggih.

Memang belum sepenuhnya otonom, tapi dengan fitur yang dibawanya membuat Legend semakin canggih dari model Honda lainnya. Model ini hanya disediakan dalam jumlah terbatas di Jepang dengan harga yang lebih mahal dari model sebelumnya. Untuk sekarang Honda belum punya rencana untuk menyebarkan teknologi tersebut untuk produk lainnya. Tapi teknologi Honda Pilot sudah dirasa cukup bagi sejumlah model.

Leave a Reply