Honda Belum Tertarik ke Segmen Small SUV?

0
(TopGear Malaysia)

RiderTua.com – Belakangan ini segmen small SUV atau Segmen A semakin ramai di Indonesia. Setelah Kia Sonet dan Nissan Magnite mengisi kelas ini, masih ada mobil baru lainnya yang akan hadir. Tapi Honda tak tertarik pada segmen small SUV tersebut karena suatu alasan. Mungkin ini ada kaitannya dengan kehadiran City Hatchback.

Baca juga: Honda Mulai Pasang Target Penjualan City Hatchback

Honda Tak Tertarik Pada Segmen Small SUV

Sejauh ini baru ada dua model SUV kecil di Tanah Air, yaitu Nissan Magnite dan Kia Sonet. Masih ada tiga model yang bakal dirilis dalam waktu dekat, seperti Renault Kiger dan si kembar Rocky-Raize. Bisa dipastikan segmen yang baru terbentuk ini akan semakin ramai oleh kompetitor.

Tercatat ada lima merek yang akan bersaing di kelas ini, tapi sepertinya Honda takkan ikut-ikutan. Ketika segmen small SUV berkembang pesat ditengah kondisi sekarang, Honda Prospect Motor (HPM) malah merilis City Hatchback. Jadi kenapa tak membawa model sejenis, atau setidaknya memberi perhatian pada BR-V yang kini jarang disegarkan?

CR-V Facelift dan City Hatchback
(Autofun)

Lebih Pilih Hatchback

HPM ternyata memprioritaskan segmen hatchback yang sudah menjadi andalannya hingga kini. Tapi dengan menghadirkan City Hatchback juga berarti mereka harus meninggalkan model lamanya, yaitu Jazz. Model ini sudah cukup lama memberikan kontribusi penjualan yang lumayan bagus, meski tak setinggi Brio.

Mungkin ada alasan lainnya kenapa segmen ini yang diungguli Honda, karena mereka sudah menguasai kelas tersebut hingga 48 persen. Walau tak sepopuler MPV maupun SUV, HPM ingin terus mempertahankan kedudukannya tersebut. Mereka yakin dengan City Hatchback terbarunya maka pangsanya bakal meningkat hingga 50 persen, atau lebih dari itu.

Sebenarnya Honda sudah merilis penyegaran untuk SUV andalannya, yaitu CR-V. Tapi sejauh ini baru CR-V yang disegarkan, sementara model lainnya seperti HR-V dan BR-V nggak kebagian. HR-V sendiri kemungkinan takkan mendapat model terbarunya seperti di Jepang karena dianggap penjualannya disini masih cukup bagus.

Leave a Reply