Kenapa Honda Menghadirkan City Hatchback Versi RS?

0
CR-V Facelift dan City Hatchback
(Autofun)

RiderTua.com – Tentu banyak konsumen yang mulai antusias dengan kehadiran City Hatchback di Indonesia. Mobil terbaru ini hadir sebagai generasi terbaru dari sedan andalan Honda dalam versi hatchback. Anehnya Honda hanya menghadirkan City Hatchback versi RS di Tanah Air. Meski masih ada empat pilihan tipe yang disediakan, tipe non RS seakan sengaja tak disediakan oleh Honda Prospect Motor (HPM).

Baca juga: Honda Mulai Pasang Target Penjualan City Hatchback

Honda Hanya Menghadirkan City Hatchback Versi RS

City versi hatchback ini hadir sebagai pengganti Jazz, dan modelnya jauh lebih sporty dari pendahulunya. Meski terkesan seperti sedan mini, tapi setidaknya model ini masih lebih modern dari Jazz. HPM sengaja menghadirkannya sebagai siasat untuk ‘menghindari’ Fit (Jazz) generasi keempat.

Di Thailand, Honda menawarkan sejumlah varian untuk City Hatchback, dari RS, non RS, sampai e:HEV. Tapi di Indonesia hanya varian RS yang dihadirkan, sementara dua varian lainnya absen. Ternyata ada maksud tersendiri kenapa HPM hanya menyediakan pilihan RS bagi konsumen.

(Buss The World)

Lebih Sporty

Varian RS menjadi salah satu varian yang disukai oleh konsumen Indonesia, walau hanya tersedia pada sejumlah model. RS terkenal memiliki sentuhan sporty yang sangat kental daripada model aslinya. Dari Brio RS sampai Jazz RS, semua varian ini cukup laris di pasar.

Mungkin alasan yang kedua sudah jelas setelah melihat data penjualan Jazz selama ini. Dari sekian varian yang ada, RS yang paling banyak terjual sebanyak 90 persen dari total penjualannya. Karena City Hatchback sudah mendapat varian ini, maka HPM hanya mendatangkan versi RS saja, lengkap dengan pilihan transmisi manual dan CVT.

Kini HPM memiliki dua model hatchback setelah Jazz ditiadakan produksinya, yaitu City dan Civic Hatchback. Sebelumnya Honda mampu menguasai segmennya hingga 48 persen pada tahun lalu, dan dengan kehadiran model terbarunya ini maka mereka dapat mendominasi separuhnya. Bisa dibayangkan bagaimana serunya persaingan dua mobil Honda melawan model yang sudah ada seperti Toyota Yaris.

Leave a Reply