Dominasi Tesla di Pasar EV Bakal ‘Diserang’ Kompetitor?

0
Tesla
(Tesla)

RiderTua.com – Boleh dibilang kalau Tesla kini menjadi rajanya kendaraan listrik di seluruh dunia. Bagaimana tidak, merek mobil asal Amerika Serikat ini sudah mengeluarkan berbagai macam produk yang cukup menarik. Walau begitu ternyata dominasi Tesla di pasar EV mulai terancam oleh kompetitornya sendiri. Karena seiring berjalannya waktu, makin banyak produk mobil listrik dari merek lain yang dihadirkan.

Baca juga: Tesla Recall Model X, Bermasalah Lagi?

Dominasi Tesla di Pasar EV Terancam Oleh Kompetitor

Selama beberapa tahun terakhir, Tesla sudah menjual sejumlah mobil listrik di hampir seluruh negara, dari Model S sampai Model Y. Terlebih setelah mereka mengenalkan pikap nyentrik Cybertruck, membuat posisinya di pasar roda empat menjadi semakin kuat. Seakan perusahaan besutan Elon Musk dkk ini sudah menghadang kompetitornya dengan produk unggulannya tersebut.

Tapi seiring dengan perkembangan zaman, makin banyak produsen mobil yang mulai membuntuti Tesla. Hadirnya sejumlah model baru seperti Hyundai Kona EV hingga Chevrolet Bolt EV mulai menarik perhatian banyak orang. Bahkan disebutkan kalau dibiarkan begitu saja, maka dominasi Tesla di pasar mobil listrik bakal terganggu.

Pemerintah Indonesia gandeng Tesla
(driving.ca)

Hyundai dan Toyota ‘Bangkit’

Studi dari JD Power menunjukkan 96 persen konsumen yang membeli mobil listrik takanya memprioritaskan Tesla, tetapi merek lainnya seperti Toyota atau Hyundai. Sedangkan sisanya masih tertarik dengan Tesla dan tak melirik model dari merek selain itu. Sehingga ini berarti konsumen mulai bosan dengan Tesla dan beralih ke model dari merek kompetitornya.

Entah apakah ini artinya kekuasaan Tesla di segmen mobil listrik akan tergoyahkan oleh merek lain. Toyota menjadi salah satu merek yang paling sering merilis model listrik terbaru. Sementara dari merek asal Korea Selatan seperti Hyundai dan Kia sudah menyiapkan lebih dari lima mobil EV terbaru, salah satu diantaranya sudah dirilis, seperti Ioniq 5.

Belakangan ini Tesla mulai jarang mengenalkan produk baru sejak terakhir kali merilis Cybertruck. Apalagi mereka masih sibuk mengurusi recall produknya yang kerap melibatkan Model S maupun X.

Leave a Reply