Satu Dekade Honda PCX, Ini Pencapaiannya

0

RiderTua.com – Tak terasa sudah satu dekade sejak Honda PCX dijual pertama kali di Indonesia. Motor skutik bongsor ini yang awalnya hadir sebagai model impor kini sudah dirakit secara lokal. Satu dekade Honda PCX dilalui dengan pencapaian hasil penjualan yang mengesankan. Selama itu, skutik Honda ini sudah terjual hingga hampir 700 ribu unit.

Baca juga:Adu Spek Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155

Satu Dekade Honda PCX Dilalui Dengan Pencapaian Mengesankan

Skutik ini sudah dijual di Tanah Air sejak tahun 2010 lalu, dan itu sudah lebih dari satu dekade. Tapi saat itu nama PCX masih belum akrab bagi konsumen Indonesia karena masih dijual terbatas di pasar. Apalagi banderolnya saat itu juga masih lumayan mahal, jadi tak heran kalau PCX masih belum setenar sekarang.

Itu karena motor ini masih didatangkan langsung dari Thailand dalam bentuk CBU (completely built up). PCX yang dijual awalnya bermesin 125 cc, tapi model ini tak sepopuler skutik Honda lainnya seperti Beat hingga Vario. Dua tahun setelahnya, barulah kapasitas mesinnya ditingkatkan menjadi 150 cc.

Satu dekade Honda PCX

Skutik Unggulan

PCX 150 tak lagi didatangkan dari Thailand, melainkan dari Vietnam, dan masih dalam model CBU. Tapi tetap saja, harganya lumayan mahal tak membuat popularitasnya meningkat hingga pada tahun 2018. Saat itulah Astra Honda Motor (AHM) sudah mulai merakit PCX secara lokal, sehingga harganya lebih murah dan PCX semakin terkenal di pasar.

Sejak dijual sepuluh tahun yang lalu, AHM mencatatkan angka penjualan PCX sebanyak 685 ribu unit, hampir menyentuh angka 700 ribu unit. Setelah menghadirkan varian terbaru, yaitu PCX 160, AHM sudah pasang target penjualannya. Mereka berharap dengan perombakan ini, maka PCX akan semakin laris di pasar.

Di segmennya, PCX bersaing dengan rival utamanya, yaitu Yamaha NMAX. Keduanya memiliki spek yang hampir serupa, tapi sudah jelas keduanya juga memiliki fitur berbeda. Walau mendapat perlawanan dari NMAX, PCX masih menjadi unggulan AHM di pasar skutik bongsor.

Leave a Reply