Alex Rins: Tikungan 10 Catalunya Kini Lebih Aman

RiderTua.com – Alex Rins: Tikungan 10 Catalunya kini lebih aman… Pada Januari lalu, tikungan ‘Circuito de Barcelona-Catalunya’ didesain kembali. Dengan model yang baru demi tujuan keamanan, pembalap Suzuki MotoGP Alex Rins mengaku puas dengan hasilnya. Minggu ini, pekerjaan renovasi di ‘Circuito de Barcelona-Catalunya’ telah rampung. Tikungan 10 sekarang memiliki zona run-off yang diperpanjang dan yang terpenting, tata letak yang lebih ‘bulat’. Lay-out baru ini mendekati desain ‘La Caixa’ yang panjang dan original. Kini tikungan 10 tidak lagi sebuah belokan ke kiri yang tajam.

Alex Rins: Tikungan 10 Catalunya Kini Lebih Aman

Tikungan 10 Catalunya memang sering menjadi bahan perbincangan di Montmelo. Misalnya saja saat Jorge Lorenzo menginjak rem di sana pada awal balapan pada MotoGP 2019. Dia juga menyingkirkan Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi.

The Doctor menyebut tikungan 10 sebagai tikungan ‘aneh’. Bahkan Rossi menjulukinya seperti tempat parkir di supermarket. “Bagi saya, tikungan ini seperti tempat parkir di supermarket. Kita bisa mengendarai motor dengan tata letak yang bagus dengan belokan kiri yang panjang. Tapi bagi saya, ini tidak masuk akal, kami memiliki tikungan aneh yang tidak mendapat tempat di lintasan balap GP,” kritik juara dunia 9 kali kala itu.

Untuk diketahui, pada tahun 2016 Luis Salom mengalami kecelakaan fatal di tikungan terakhir kedua dari belakang. Setelah kejadian tersebut, Circuit de Catalunya pun ‘dipermak’. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan.

Antara lain, Kejuaraan Dunia Balap Motor di Tikungan 10 beralih ke varian yang telah digunakan Formula 1 sejak 2004, belokan kiri tajam dan karenanya lebih lambat.

Pict: NikiKovacs

Tak lagi Membahayakan

Kekhawatiran Rossi tentang tikungan 10 Catalunya ini ternyata juga diamini Alex Rins. Rins pun mengungkapkan pandangannya tentang Tikungan 10 yang baru. “Kami meminta perubahan ini tahun lalu. Saya masih ingat dengan benar, mereka memberi tahu kami di Komisi Keamanan di Le Mans bahwa tata letak dapat diubah,” ujar pembalap berusia 25 tahun itu.

Proyek renovasi ini dikembangkan bekerja sama dengan World Automobile Federation FIA dan World Motorcycle Federation FIM, dan kini telah selesai. Pada Senin pagi, tikungan yang sudah diubah ini diujicoba oleh safety car untuk pertama kalinya. Setelah semua oke, ‘Track Days’ pertama untuk mobil balap akan segera dimulai segera.

Dan bintang Suzuki Alex Rins juga sudah melihat foto tikungan yang barunya. “Ini pasti akan menjadi berita besar. Saya pikir treknya lebih aman sekarang. Kami tidak akan melalui tikungan sempit lagi di sana. Saya pikir itu akan lebih baik untuk semua pembalap.”

“Itu akan lebih menyenangkan saat melaju disana. Dan tentunya kita harus mengucapkan terima kasih, karena mereka telah berupaya keras untuk mewujudkannya,” puji pembalap MotoGP asal Spanyol itu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page