Jonathan Rea Sebut Aturan Baru Tes SBK ‘Pemborosan Uang’

0
Jonathan Rea Sebut Aturan Baru Tes SBK 'Pemborosan Uang'
Jonathan Rea Sebut Aturan Baru Tes SBK 'Pemborosan Uang'

RiderTua.com – Jonathan Rea sebut aturan baru tes SBK adalah ‘Pemborosan Uang’… Jonathan Rea mengeluhkan hal itu.. Menyusul pihak penyelenggara kejuaraan dunia superbike memperkenalkan perubahan penting dalam peraturan latihan pribadi untuk sambut musim ini. Sejak 1 Januari lalu… Pembalap dan tim yang terdaftar di WSBK hanya dapat melakukan total 10 hari tes privat sepanjang tahun. Tidak termasuk sesi latihan resmi atau yang diselenggarakan oleh Dorna. Kenapa jumlah tes yang dibatasi justru merupakan pemborosan?

Jonathan Rea Sebut Aturan Baru Tes SBK ‘Pemborosan Uang’

Jonathan Rea Sebut Aturan Baru Tes SBK ‘Pemborosan Uang’

Menurut Rea, kenapa boros… karena tidak adanya aktivitas di trek oleh tim Superbike selama dua hari pada sesi latihan pribadi yang diselenggarakan di Circuito de Jerez Angel Nieto minggu lalu. Meskipun ada upaya ekonomi dan logistik yang melibatkan pabrikan dan tim satelit untuk uji coba ini di Spanyol selatan.

Honda mengumumkan niatnya untuk tetap berada di paddock di trek Andalusia selama beberapa hari lagi. Dengan harapan dapat menguji lagi dalam kondisi yang lebih baik pada 27 dan 28 Januari kemarin, yang memungkinkan Stefan Bradl, Alvaro Bautista dan Leon Haslam mengakumulasi total lap selama minggu itu.

Kawasaki juga bergabung dalam tes ini pada awalnya. Sehingga harapannya Jonathan Rea dan Alex Lowes dapat melaju di trek Spanyol pada Kamis 28 Januari ini… Tetapi akhirnya KRT mundur pada menit terakhir ketika mereka memverifikasi bahwa prakiraan cuaca tidak sesuai dengan target.

Bagi Jonathan Rea, peraturan baru yang membatasi jumlah maksimum tes privat yang dapat mereka jalankan sepanjang tahun menjadi 10 adalah “pemborosan uang” bagi tim. Hal ini terjadi ketika mereka menghadapi situasi seperti Jerez, di mana hujan menghalangi aktivitas apa pun di lintasan.

Jonathan Rea Sebut Aturan Baru Tes SBK ‘Pemborosan Uang’

Tes Kedua 10 Februari

“Tim, pembalap, karyawan, dan mitra teknis kami telah melakukan segala kemungkinan untuk berada di sini pada saat yang aneh ini,” kata Rea kepada media Motorsport.com menyusul urungnya tes pertama Jerez. “Begitulah adanya. Dengan aturan baru, kami hanya dapat menguji selama 10 hari dari akhir musim lalu hingga akhir tahun ini. Itu buang-buang uang. Kami sudah di sini. Aturannya adalah satu-satunya. alasan mengapa yang tidak kami uji coba. “

Untuk saat ini, Rea dan rekan setimnya Alex Lowes harus menunggu hingga 10 Februari untuk kembali menguji ZX-10RR terbaru untuk pertama kalinya sepanjang tahun ini. Dan itu akan dilakukan lagi di Jerez, di mana akan bertepatan dengan sebagian besar pembalap Ducati Superbike dan MotoGP selain tim penguji MotoGP HRC berada disana.

Leave a Reply