Aprilia RS 660 Kini Ada Spek Balapnya, Lho!

0

RiderTua.com – Nama motor sport Aprilia RS 660 kini semakin terkenal dengan tambahan varian terbaru. Nampaknya mereka masih menaruh perhatian pada sejumlah produk yang dimilikinya dengan menawarkan varian lebih ‘buas’. Aprilia RS 660 kini hadir dengan varian spek balap yang lebih canggih. Jadi sudah bisa ditebak kalau varian ini bukanlah street legal seperti RS 660 biasa.

Aprilia RS 660 Kini Hadir Dengan Spek Balap yang Lebih Canggih

Dari desainnya sekilas masih seperti model RS 660 biasa yang dijual di pasar, hanya saja livery-nya dibuat semirip motor balap. Lalu fairing motornya dibuat dari bahan lebih ringan sehingga bobotnya berkurang dan lebih enteng dibawa ngebut di lintasan sirkuit. Knalpot yang dirancang oleh SC Project serta footstep spek balap menambah kelengkapan varian ini.

Karena berupa motor balap, maka headlamp-nya dicopot dan diganti dengan lampu LED tipis. Sementara mesin 660 cc 2 silinder DOHC bertenaga 100 hp dan torsi 67 Nm tak mengalami ubahan apapun maupun speknya disesuaikan dengan variannya. Tapi yang membedakannya dengan RS 660 versi biasa yaitu fiturnya.

Aprilia RS 660 kini

Fitur Canggih

Aprilia membekali RS 660 Racing dengan tambahan fitur canggih seperti dua perangkat elektronik terbaru. Keduanya terdiri dari IMU (inertial measurement unit) serta APRC (Aprilia performance ride control), biasanay menjadi fitur yang gampang ditemukan pada motor spek balap. Kemudian wheelie control yang berguna untuk mencegah ban depan terangkat sendiri saat motor digas.

Ada juga mode daya untuk memaksimalkan semua fitur tersebut serta modul ABS yang lebih sensitif dan kontrol kemiringan. Tak lupa quickshifter sebagai pelengkap dari fitur motor sport tersebut. Fitur ini memang banyak dipakai pada motor balap, tapi sudah ada yang menerapkannya pada motor ‘street legal’ seperti Honda CBR Series.

RS 660 Racing ini menjadi motor kedua Aprilia pada tahun ini setelah sebelumnya merilis RSV4 model 2021. Sepertinya motor ini tak dijual ke publik karena akan dipakai dalam ajang balap Aprilis RS 660 Trophy 2021. Meski begitu, mereka mungkin menawarkan kesempatan bagi konsumen untuk memilikinya.

Leave a Reply