Penjualan Mobil Listrik Masih Rendah, Perlu Ditingkatkan?

0
Tesla dan persaingan mobil EV

RiderTua.com – Nampaknya penjualan mobil listrik di Indonesia masih cukup rendah dari yang diduga. Bagaimana tidak, hasilnya masih dibawah 200 unit per tahunnya, itupun masih cukup jauh untuk mengejar model konvensional. Penjualan mobil listrik masih rendah, tapi itu sudah cukup untuk memberikan hasil maksimal. Mengingat segmennya baru berkembang di Tanah Air, jadi butuh waktu untuk menyesuaikan diri.

Penjualan Mobil Listrik Masih Rendah Tapi Sudah Maksimal

Kalau bicara soal mobil listrik, model jenis ini masih jarang sering terlihat di jalanan di Tanah Air. Kebanyakan bisa ditemukan di daerah perkotaan, atau paling tidak sebagai armada taksi. Memang pengunaannya masih terbatas, apalagi dengan harga yang masih terlalu mahal, bahkan dengan banderol mencapai Rp 600 jutaan.

Ioniq yang pertama kali hadir di Indonesia saja mampu menjual 81 unit, itupun termasuk unit yang terjual sebagai armada taksi online. Kemudian saudaranya, Kona EV, lebih sedikit lagi, yaitu hanya 38 unit saja, dan maklum karena model ini terbilang baru disini. Hasil penjualan Ioniq juga menjadi yang tertinggi di Indonesia untuk kategori EV.

Penjualan mobil listrik masih rendah
(Foto:feber.se) mobil listrik hyundai ioniq

Akan Ada Lebih Banyak Model Baru

Sedangkan model selain Ioniq dan Kona terjual dibawah 10 unit, dari model BMW i3s yang terjual 5 unit dan Lexus UX300e yang baru satu unit. Entah mengapa tak ada model lainnya seperti BMW i8, karena model ini juga setenar i3. Terlebih Tesla, walau sebenarnya angka penjualannya tak dihitung karena bukan termasuk anggota Gaikindo.

Melihat tren penjualan mobil listrik seperti ini, mungkin rasanya sudah waktunya untuk mendongkrak penjualannya. Walau ini rasanya masih belum memungkinkan, mengingat konsumen Tanah Air masih bergantung pada mobil konvensional. Terlebih belum banyaknya fasilitas pendukung yang belum banyak didirkan wakau sudah mendapat dukungan dari pemerintah.

Mungkin agak sulit untuk bisa bertahan dalam kondisi seperti sekarang, tapi hasil yang didapat rasanya sudah lebih dari cukup. Segmen EV akan terus berkembang dan memunculkan banyak produk baru di tahun ini. Renault baru saja membawa Twizy ke Indonesia, dan akan disusul oleh Zoe setelahnya. Kemudian Nissan sudah siapkan Leaf untuk dirilis nantinya.

Leave a Reply