Hyundai Siapkan Kona N, Tanpa ‘Tiga Pedal’?

0

RiderTua.com – Rumor beredar soal Hyundai siapkan Kona N mulai banyak dibicarakan. Karena pada akhirnya merek mobil asal Korea Selatan tersebut menghadirkan kembali varian N Performance untuk produknya. Hyundai siapkan Kona N yang disebut takkan menghadirkan pilihan transmisi manual. Padahal transmisi jenis ini sangat akrab dengan mobil bertenaga seperti N Performance.

Hyundai Siapkan Kona N Takkan Menghadirkan Transmisi Manual

Nama N Performance sebagai divisi kencang dari Hyundai mungkin tak setenar GR Sport milik Toyota. Tapi divisi ini terkenal mengembangkan varian terkencang dari sejumlah produk Hyundai, dari jenis sedan, hatchback, sampai fastback. Namun untuk pertama kalinya N Performance disebut akan menggarap crossover yang tak lain adalah Kona.

Mobil ini sempat dibicarakan oleh banyak orang setelah sosoknya bocor lewat spyshot yang beredar jauh sebelumnya. Dari modelnya nampak seperti Kona pada umumnya, hanya saja desainnya diambil dari model facelift-nya. Agar membedakannya dengan model basisnya, Hyundai memberikan tambahan spoiler serta knalpot sporty.

Hyundai siapkan Kona N

‘Hot Crossover’

Penampilannya memang belum seluruhnya terungkap karena dibalut oleh stiker kamuflase. Tapi kalau desain ini dipertahankan sampai ke model produksi massalnya mungkin tak jadi masalah. Yang menjadi masalahnya yaitu kabarnya Kona N takkan dilengkapi transmisi manual layaknya model dalam seri N.

Nampaknya Hyundai sudah tak lagi memakai transmisi manual yang selalu akrab dengan mobil berperforma tinggi. Transmisi otomatis yang disebut sebagai dual clutch ini akan disematkan pada mesin 2.000 cc 4 inline turbocharged dari model i30 N. Tak lupa fitur seperti limited-slip differential dengan kontrol elektrik akan diberikan pada Kona N.

Walau tanpa transmisi manual, setidaknya transmisi dual clutch dirasa sudah cukup untuk Kona N. Untuk peluncurannya masih belum jelas, tapi kemungkinan kuat akan dihadirkan pada tahun ini juga. Sehingga dengan ini Kona punya tiga varian, selain N ada varian standar serta EV, dan keduanya sudah dijual di Indonesia.

Leave a Reply