Nissan Tetap Jualan Livina Walau ‘Bukan Rakitan Sendiri’

Ekspor New Nissan Livina dipertimbangkan

RiderTua.com – Saat ini Nissan masih tetap jualan Livina meski sudah ada tambahan produk baru. Mobil LMPV tersebut menjadi andalan merek asal Jepang hingga saat ini, meski sebenarnya Nissan tak merakitnya sendiri. Nissan tetap jualan Livina walau sudah tersedia model seperti Magnite dan Kicks e-Power. Mereka menganggap model ini masih punya potensi di segmennya, meski hampir tak mampu mengungguli model sekelasnya.

Nissan Tetap Jualan Livina Walau Sudah Tersedia Magnite

Dari sekian produk yang dimiliki Nissan di Indonesia, Livina menjadi satu-satunya mobil yang dirakit lokal. Walau sebenarnya yang merakitnya bukan Nissan sendiri, melainkan ‘rekan’ aliansinya, Mitsubishi. Livina bersama dengan kembarannya, Xpander, dibuat oleh Mitsubishi, dari platform sampai mesinnya.

Nissan pernah merakitnya sendiri lewat pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat, sebelum pabrik ini ditutup akibat restrukturisasi. Livina juga menjadi satu-satunya produk yang bertahan di Tanah Air, ketika model lainnya sudah tak dijual atau dikirim dari luar negeri. X-Trail misalnya, yang didatangkan dari luar dan tak lagi dirakit lokal layaknya Livina.

Nissan tetap jualan Livina

Angka Penjualan Menurun

Belakangan ini performa penjualan Livina mulai menurun, meski ini bukan dampak langsung dari penutupan pabrik Nissan setahun lalu. Segmen LMPV yang semakin ketat seakan tak memberi ruang bagi Livina. Jadi tak heran kalau hasil penjualannya sepanjang tahun 2020 lalu mengalami penurunan cukup parah jika dibandingkan dengan model sekelasnya.

Walau dengan kondisi tersebut, Nissan Motor Indonesia (NMI) bersikeras untuk tetap berjualan Livina sampai kapanpun. Seakan menganggap Livina sebagai ‘anak emasnya’, serta menjadi andalannya selama beberapa tahun terakhir. Namun Nissan akan terus memantau perkembangannya, apakah terus dijual atau tidak.

Sepertinya nasib akhir Livina masih menggantung, tapi setidaknya sudah ada kepastian dari Nissan sendiri. Kini mereka sudah punya sejumlah mobil yang dijual di Tanah Air, dan masih ada tambahan produk baru lainnya yang akan dirilis di tahun ini juga. Nissan berencana untuk membawa Leaf sebagai mobil listrik pertamanya di Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply