Lima Merek Mobil Terlaris di Indonesia Tahun 2020

0
Innova Facelift kurang inovasi

RiderTua.com – Akhirnya terungkap sudah lima merek mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2020. Selama tahun ini, hampir semua produsen otomotif dihadapkan dengan berbagai cobaan akibat kondisi pasar yang menurun. Lima merek mobil terlaris di Tanah Air kembali memunculkan Toyota sebagai juaranya. Merek ini tetap menjual banyak mobil walau angkanya tak setinggi tahun-tahun sebelumnya.

Lima Merek Mobil Terlaris Kembali Memunculkan Toyota

Meski keadaan pasar roda empat di Tanah Air masih belum menentu, tapi produsen tetap berjualan seperti biasa. Tak sedikit diantaranya yang tetap meluncurkan produk baru, dari New Agya-Ayla, MG HS, sampai mobil listrik Kona EV-Ioniq. Merek mewah seperti Mercedes-Benz hingga BMW juga tak mau ketinggalan dan menghadirkan banyak produk baru.

Dari semua merek mobil yang ada di Indonesia, Toyota tetap menjadi nomor satu kalau soal hasil penjualan. Sepanjang tahun ini, Toyota Astra Motor (TAM) mampu menjual sebanyak 160.354 unit secara retail dan 143.432 secara wholesales. Hasil ini bahkan mampu melampaui merek satu aliansinya, Daihatsu, yang memperoleh 90.823 unit terjual secara retail dan 84.243 unit untuk wholesales.

Lima merek mobil terlaris

Hasil Menurun

Setelah Daihatsu, ada Honda yang menyusul dengan perolehan 69.564 unit untuk retail dan 65.868 unit untuk wholesales. Mitsubishi menempati posisi keempat dan mencetak angka penjualan retail 69.103 unit dan wholesales 70.041 unit. Posisi kelima ada Suzuki yang sukses menjual mobil sebanyak 63.884 unit secara retail dan 58.262 unit secara wholesales.

Sementara untuk merek lainnya seperti Nissan, Wuling, dan masih banyak lagi menyumbangkan hasil 55.939 unit secara retail dan 53.118 unit untuk wholesales. Kalau ditotal, angka penjualan retail mobil tahun ini di Indonesia sudah tembus 500 ribu unit, tepatnya 509.667 unit. Namun untuk wholesales masih belum, hanya mencapai 474.964 unit saja.

Sepertinya target tahun ini sudah hampir tercapai dan para produsen sudah siap menyambut tahun 2021. Pada saat itu, diperkirakan akan ada lebih banyak produk baru lainnya yang akan diluncurkan. Terlebih dengan hasil penjualan yang terpantau sudah membaik sepertinya menandakan kalau kondisi sudah berjalan kondusif meski belum sepenuhnya memulih.

Leave a Reply