Urban Cruiser Laris Manis di India, Lebih Laku Ketimbang Innova!

RiderTua.comToyota Urban Cruiser ternyata laris manis terjual setelah dirilis di India beberapa minggu lalu. Mobil small SUV ini menjadi satu diantara produk rebadge dari hasil kerja sama antara Toyota dengan Suzuki. Urban Cruiser laris manis melebihi model Toyota lainnya, dari Innova sampai Fortuner. Sepertinya ini membuktikan kalau konsumen Negeri Bollywood sangat menyukai mobil murah tersebut.

Urban Cruiser Laris Manis Melebihi Innova dan Fortuner

Toyota dan Suzuki sudah lama mengenalkan sejumlah produk hasil kerja samanya. Glanza menjadi produk pertama yang diluncurkan di India, sebagai hasil rebadge dari Baleno. Kemudian disusul Swace, Across, dan yang terbaru Urban Cruiser. Mobil SUV mungil ini menjadi sorotan karena desainnya yang hampir mirip saudaranya, yaitu RAV4.

Dengan penampilannya yang sederhana namun sporty, Urban Cruiser langsung diserbu oleh konsumen India. Tercatat ada sekitar 23 ribu unit yang terjual disana, dan menyumbang 33,29 persen penjualan Toyota Kirloskar. Tentu itu angka yang tak sedikit, bahkan melebihi apa yang diekspetasikan kedua produsen tersebut.

Urban Cruiser laris manis

Mengungguli Innova

Padahal sebelumnya Innova yang selalu menjadi mobil Toyota terlaris di Negeri Bollywood, sebelum akhirnya ‘turun tahta’ setelah Urban Cruiser diluncurkan. Jika biasanya bisa menjual lebih dari 3 ribu unit, kini turun menjadi sekitar 2 ribu unit. Lalu SUV ladder frame Fortuner juga mengalami nasib yang sama, dengan 656 unit terjual, turun dari 1.062 unit.

Keadaan ini cukup berbeda dengan di Indonesia, dimana Innova dan Fortuner masih terjual cukup banyak. Tentu saja itu berkat peluncuran edisi spesial untuk Innova dan facelift untuk Fortuner sekitar tiga bulan yang lalu. Sementara di India, keduanya tak mendapat penyegaran apapun, dan dengan datangnya produk baru maka model lama semakin tersingkir.

Itu baru Urban Cruiser, karena masih ada tiga model rebadge dari Toyota-Suzuki lainnya yang akan menyusul setelahnya. Ditambah dengan model baru lainnya yang tengah disiapkan untuk tahun-tahun ke depan, maka produknya akan semakin bervariasi. Meskipun semua itu hanya tersedia eksklusif di India maupun Benua Eropa.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page