Mobil Mid-Size SUV Anyar Sedang Digarap, Toyota-Suzuki?

RiderTua.com – Rumor mengenai mobil mid-size SUV anyar dari Toyota dan Suzuki makin ramai dibahas. Sebab setelah sukses meluncurkan Suzuki Across, kedua produsen otomotif ini langsung menggarap model lainnya. Mobil mid-size SUV anyar Toyota-Suzuki disebut akan dibuat untuk menghadang dominasi Kia-Hyundai dan MG Motors. Mengingat ketiga merek mobil ini sudah punya model andalannya.

Mobil Mid-Size SUV Anyar Toyota-Suzuki Menghadang MG Motors

Sejak pertama kali menjalin kerja sama, Toyota dan Suzuki kompak merilis produk kembar mereka, walau hanya terbatas di India dan Eropa. Seperti Toyota Glanza yang berupa rebadge dari Suzuki Baleno. Kemudian Suzuki Across dan Toyota Urban Cruiser masing-masing meminjam platform dari Toyota RAV4 dan Suzuki Vitara Brezza.

Namun baru mengeluarkan tiga produk saja masih belum puas bagi mereka, dan keduanya langsung menggarap model anyar lainnya. Hanya saja kali ini takkan memakai basis dari model apapun, baik dari Suzuki atau Toyota. Melainkan membuat mobil yang benar-benar baru dan belum dijual di pasar, dalam jenis mid-size SUV.

Mobil mid-size SUV anyar

‘Pinjam’ Platform Toyota

Walau dibuat tanpa model basisnya, tapi Toyota tetap meminjamkan platform-nya untuk dipakai pada model ini. Agaknya apa yang dilakukan keduanya masih serupa ketika mengembangkan Suzuki Across sebelumnya. Entah seperti apa sosoknya masih belum jelas, karena sampai sekarang belum ada bocoran satupun mengenai mobil ini.

Untuk mesin, Suzuki yang menyumbangkan mesin dari K-Series 1.500 cc, tapi tanpa ada pilihan diesel seperti model sebelumnya. Meski demikian, ada dugaan kalau keduanya akan menghadirkan varian turbo yang memiliki performa lebih kencang. Walau kemungkinan lainnya yaitu kapasitas mesin turbo ini lebih kecil dari mesin standar.

Sepertinya mid-size SUV terbaru dari Toyota dan Suzuki ini bakal menghasilkan produk yang berbeda dari produk rebadge sebelumnya. Dengan begini, keduanya siap menghadapi Kia-Hyundai dan MG Motors di India. Sayang sekali kalau mobil baru ini hanya tersedia eksklusif di Negeri Bollywood dan sebagian negara saja.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page