Tiga Mobil Listrik Baru di Indonesia Tahun Ini

0
Hasil penjualan mobil listrik

RiderTua.com – Tahun ini sudah ada tiga mobil listrik baru yang diluncurkan di Indonesia. Padahal hingga sekarang belum ada insentif khusus kendaraan listrik, tapi tetap saja ada yang nekat menjualnya tanpa ada insentif tersebut. Tiga mobil listrik baru tersebut adalah produknya dari Hyundai dan Toyota-Lexus. Dengan harga yang bervariatif, maka ketiganya akan membuat segmen EV di Tanah Air semakin berkembang.

Tiga Mobil Listrik Baru Produknya Hyundai dan Toyota-Lexus

Memang baru ada tiga model EV yang dirilis di Tanah Air, dan itupun dari dua merek yang berbeda. Meski ada juga EV lainnya dari merek selain Hyundai dan Toyota, yaitu DFSK dengan model Gelora. Hanya saja tak seperti Ioniq, Kona EV, dan UX 300e, Gelora lebih digolongkan sebagai mobil niaga dan bukannya mobil penumpang biasa.

Hyundai pertama kali mengenalkan Ioniq di Indonesia, tapi saat itu masih belum bisa dijual secara umum. Sebagai tahap awal, merek asal Korea Selatan ini menawarkannya kepada perusahaan taksi untuk digunakan sebagai armadanya. Sudah ada segelintir perusahaan taksi yang menggunakan Ioniq.

Tiga mobil listrik baru

Mobil Mewah

Setelah sukses dengan Ioniq versi taksi, akhirnya Hyundai bisa menjualnya secara publik, bersamaan dengan Kona EV. Berbeda dengan Kona versi konvensional, versi EV ini memiliki penampilan serta jeroan yang cukup berbeda. Ioniq dan Kona EV masing-masing dijual dengan harga Rp 625 juta dan Rp 675 jutaan, dan ini masih lumayan terjangkau.

Sementara itu, ada Lexus UX 300e yang baru diluncurkan di Tanah Air beberapa minggu lalu oleh Toyota Astra Motor (TAM). Sesuai namanya, ini adalah versi listrik dari Lexus UX yang pernah dirilis jauh sebelumnya. Karena statusnya sebagai SUV mewah, tak heran kalau banderolnya mencapai Rp 1,245 miliar, jauh lebih mahal ketimbang Ioniq-Kona EV.

Sepertinya baik Hyundai maupun Toyota tak terlalu mengkhawatirkan harga jualnya yang cukup tinggi, dan modelnya yang masih didatangkan secara CBU. Mereka mungkin melakukan ini untuk mengembangkan segmennya lebih besar lagi. Nissan disebut-sebut akan menyusul keduanya dengan Leaf, yang dijadwalkan hadir pada tahun depan.

Leave a Reply