Kepala Kru Joan Mir Ungkap Rahasia Kekuataannya

0
Frankie Carchedi
Frankie Carchedi

RiderTua.com – Kepala Kru Joan Mir ungkap rahasia kekuataannya… Frankie Carchedi adalah kepala kru Juara Dunia MotoGP 2020 itu di Suzuki. “Dia memiliki seluruh paket,” jawabnya antusias ketika ditanya tentang Joan Mir. Namun ada satu ciri khusus yang membedakannya. Apa itu?

Kepala Kru Joan Mir Ungkap Rahasia Kekuataannya

Pada usia 23 tahun, Joan Mir dinobatkan sebagai Juara Dunia MotoGP di musim keduanya di kelas utama. Meskipun dia hanya merayakan satu kemenangan GP (kurang dari juara dunia lainnya di kelas utama sebelumnya), dia naik podium 7 kali dari 14 balapan musim 2020.

Kepala krunya Frankie Carchedi mengungkapkan, apa yang membedakan pembalap muda Suzuki ini selain dari konsistensinya. “Pendekatan mental dan latihan. Saat ini Anda membutuhkan segalanya, tidak cukup hanya berbakat saja. Saya tidak bermaksud bahwa dia memiliki seluruh paket,” tegasnya.

Italo-Brit Carchedi bergabung dengan Suzuki bersama Joan Mir di akhir musim 2018. Rencananya jelas, setelah 1 tahun belajar, semuanya harus bersatu di musim kedua.

Kepala teknisi yang berpengalaman dengan cepat menyadari, bahwa ada bakat khusus pada diri juara dunia Moto3 2017 itu. Seperti yang dia jelaskan dalam retrospeksi.

“Ada beberapa aspek data telemetri, yang dapat menunjukkan banyak hal sejak pertama kali menggunakan motor. Dan itu adalah kasusnya. Sulit untuk membahas detailnya, tetapi bagaimana dia mengatur rem, bagaimana dia menghentikan motor. Semuanya tidak harus tepat untuknya, tidak peduli apakah cengkeramannya baik atau buruk, dia bisa membuat perbedaan.”

“Ban menawarkan lebih banyak cengkeraman dan menjadi sedikit lebih lembut setiap tahun. Jadi Anda dibatasi, seberapa banyak Anda benar-benar dapat menghentikan motor,” tambah Carchedi.

Davide Brivio Memuji Rider Penguji Suzuki Sylvain Guintoli

Berkat Peran Tes Rider Suzuki

“Tapi dia berhasil menemukan batas yang bisa diharapkan dari ban, dan kemudian dia bermain dengan pengereman ke titik di mana dengan mudah melewati batas. Ini bukan cara termudah untuk menerapkan tekanan rem, tetapi ini adalah bakat dan bekerja dengan cara yang sama di depan dan belakang.”

“Tentu saja kekuatannya luar biasa. Untuk seorang pembalap muda, dia memiliki perasaan yang hebat di motor. Dia tidak menjelaskan secara detail, tetapi Anda dapat mencoba sesuatu yang sangat kecil. Dan dia dapat memberi tahu Anda, apa yang positif dan negatif tentang hal itu.”

“Pendapat Mir seringkali sangat mirip dengan Sylvain. Bahkan sejauh ini Anda merasakan hal yang sama di tikungan 4 dari trek tertentu, atau tikungan 8. Itu cukup mengesankan dan juga berarti kami memiliki tes rider yang sempurna,” kata Carchedi yang juga memuji tes rider Suzuki, Sylvain Guintoli, yang berperan dalam membawa gelar Juara untuk pembalap 2020 dan gelar tim ke Hamamatsu dengan GSX-RR.

Leave a Reply