Toyota Yaris Ungguli Jazz di Jepang, Artinya…

All New Yaris kurang cocok di Indonesia

RiderTua.com – Tak terlalu mengejutkan ketika melihat Toyota Yaris sanggup ungguli Honda Jazz di Jepang. Setelah kedua mobil hatchback ini menerima penyegaran beberapa bulan lalu, Yaris dan Jazz bersaing sangat ketat di kelasnya. Tapi Toyota Yaris yang ungguli Jazz di kampung halamannya sendiri. Dengan begini, hatchback Toyota tersebut punya potensi bisa memimpin segmen pada tahun ini.

Toyota Yaris Ungguli Jazz di Kampung Halamannya

Segmen hatchback tengah menjadi tren di Jepang, walaupun SUV mulai mendominasi. Karena itulah baik Honda maupun Toyota memberikan perombakan untuk dua hatchback andalannya, yaitu Jazz dan Yaris. Keduanya memasuki generasi baru di waktu yang berbeda, sehingga tak terjadi ‘perang’ diantara dua mobil ini.

Meski demikian, tentu saja rivalitas antara Jazz dan Yaris tak bisa dibendung, entah di Jepang maupun di luar negeri. Di kampung halamannya sendiri saja persaingan keduanya berjalan sangat ketat sejak keduanya memasuki generasi terbaru. Kini Yaris yang mengungguli penjualan Jazz, dan menduduki peringkat satu di kelasnya.

Toyota Yaris ungguli Jazz

Tak Beda Jauh

Dari catatan penjualan yang didapat Toyota, Yaris terjual sebanyak 79,4 ribu unit, dan ini hasil dari penjualan paruh pertama tahun 2020. Sementara Jazz hanya mampu menjual sebanyak 50.521 unit dan bertengger di posisi ke-4. Walau jauh mengungguli Jazz, nyatanya penjualan Yaris sepanjang tahun ini mengalami naik turun karena kondisi pasar.

Selisihnya sangat jauh dari Yaris, dan ini menunjukkan kalau Jazz mulai kehilangan tajinya. Seakan Jazz dibuat tak berdaya ketika Yaris ‘menyerangnya’ dengan hasil penjualan di bulan September yang melebihi 22 ribu unit. Terlebih hasil penjualannya juga didapat dari berjualan varian spesial seperti GR, tapi bukan termasuk Yaris Cross, ya.

Kondisi ini agaknya tak jauh berbeda di negara lain, tak terkecuali Indonesia. Tapi di Thailand saja keberadaannya sudah diganti oleh City Hatchback, dan berpotensi menyebar ke negara lainnya. Jazz seperti tak lagi punya kuasa di segmen hatchback ASEAN, dan lain halnya dengan Yaris yang tetap bertahan sampai sekarang walau tanpa penyegaran.

Be the first to comment

Leave a Reply