Penjualan Sedan dan Hatchback Menurun Karena Ini?

Potensi All New Jazz
(Foto: CarNews)

RiderTua.com – Entah mengapa penjualan mobil sedan dan hatchback selalu menurun selama beberapa tahun terakhir. Padahal dulu kedua jenis mobil ini menjadi favorit konsumen di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Penjualan sedan dan hatchback menurun dipengaruhi oleh kondisi pasar saat ini. Termasuk berkembang pesatnya segmen sebelah, yang tak lain adalah SUV.

Penjualan Sedan dan Hatchback Menurun Dipengaruhi Pasar

Jauh sebelum mobil SUV dijual untuk pertama kalinya di dunia, sedan menguasai pasar roda empat selama beberapa tahun. Sejumlah model legendaris seperti Toyota Corolla hingga Honda Civic menjadi sedan yang masih bertahan sampai sekarang. Segmen ini juga berkembang ke model sport, jadi tak selalu berupa model mewah saja.

Sementara hatchback baru berkembang pesat setelah Honda Jazz populer di seluruh dunia sejak pertama kali hadir. Segmen ini kemudian mulai diisi oleh sejumlah model lainnya seperti Toyota Yaris. Namun semuanya berubah sejak SUV ‘menyerang’ pasar roda empat, dan membuat popularitas sedan dan hatchback menurun drastis.

Penjualan sedan dan hatchback

Pindah Segmen

Menurut Car Industry Analysis, segmen sedan maupun hatchback mengalami penurunan pangsa pasar yang cukup besar selama satu dekade terakhir. Di Inggris misalnya, dimana sedan sebelumnya menguasai 53 persen pangsa di tahun 2010, kini turun menjadi 36 persen. Sementara hatchback menurun hingga 8,5 persen, dan meski angkanya tak separah sedan tapi tetap saja penurunan ini cukup signifikan.

Kemudian di Amerika Serikat, pangsa sedan dan hatchback masing-masing turun hingga 19 persen dan 3,3 persen. Di sisi lain, pasar sedan di Rusia menurun sampai 26 persen dan hatchback 18 persen. Sepertinya penurunan ini tentu tak bisa diremehkan lagi, tapi apa boleh buat. Produsen sudah pindah dari segmen ini ke SUV.

Nampaknya penurunan ini bakal terus terjadi hingga beberapa waktu mendatang. Meskipun eksistensinya terus dipertahankan oleh produsen masing-masing, tapi khusus sedan lebih diarahkan ke kelas mewah. Memang karena kelas inilah yang membuat sedan masih bertahan sampai sekarang.

Be the first to comment

Leave a Reply