Masih Ada Mobil Hybrid Baru Lainnya di Indonesia?

Segmen mobil hybrid Indonesia masih dipimpin Toyota

RiderTua.com – Sepertinya pada tahun mendatang masih ada mobil hybrid baru lainnya yang akan meluncur di Indonesia. Setelah tiga mobil listrik atau EV sudah mulai dijual secara resmi, maka produsen otomotif lainnya tentu tak boleh ketinggalan. Masih ada mobil hybrid baru yang tetap dijadwalkan hadir di Tanah Air. Disebutkan ada tujuh model yang siap meluncur kapan saja.

Masih Ada Mobil Hybrid Baru yang Dijadwalkan Hadir

Jauh sebelum mobil ramah lingkungan didatangkan, pasar roda empat Indonesia masih dipenuhi oleh kendaraan konvensional. Tapi semuanya berubah sejak Toyota menghadirkan mobil hybrid pertamanya di Tanah Air, yaitu Prius. Hanya saja popularitasnya masih kalah dari jenis lainnya, namun tetap bertahan sampai sekarang.

Kini sudah ada berbagai macam produk hibrida yang disediakan di pasar. Dari jenis crossover seperti Nissan Kicks e-Power, duo Corolla Altis dan Corolla Cross, bahkan sampai mobil MPV premium kelas atas Alphard-Vellfire. Tapi itu baru segelintir produk yang sudah tersedia untuk sekarang, dan masih banyak yang akan dihadirkan nantinya.

Masih ada mobil hybrid lainnya

Hampir Semua Produsen

Gaikindo menyebut setidaknya ada tujuh model hybrid yang bakal dirilis untuk waktu mendatang. Entah itu jenis hibrida murni atau PHEV (plug-in hybrid) layaknya model C-HR maupun Outlander PHEV. Mobil tersebut merupakan produk dari sejumlah merek, seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi, Hyundai, sampai Wuling.

Kok Hyundai? Padahal mereka mengaku kalau produk ke depannya akan berupa model EV, bukannya hybrid. Tunggu dulu, sebenarnya mereka meluncurkan mobil listrik terlebih dahulu, barulah setelah diterima dengan baik maka hibrida menyusul setelahnya. Walau belum dipastikan model mana yang akan dibawa oleh masing-masing merek.

Toyota kemungkinan kuat akan menghadirkan varian hibrida untuk MPV andalannya, Avanza dan Kijang Innova. Di sisi lain, Mitsubishi berencana untuk merilis Xpander Hybrid di pasar Asia Tenggara sekitar tahun 2022 mendatang. Kelihatannya masih cukup lama untuk menantikannya, karena Mitsubishi masih harus mempersiapkan segalanya sebelum meluncurkan Xpander ramah lingkungan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply