Innova dan Avanza Hybrid Masih Ada Peluang, Toyota?

Innova Facelift kurang inovasi

RiderTua.com – Mengenai Innova dan Avanza Hybrid mungkin masih menjadi sesuatu yang diharapkan bagi konsumen. Karena dengan makin berkembangnya era kendaraan ramah lingkungan maka produsen dituntut untuk membuat mobil sejenisnya. Innova dan Avanza Hybrid memang punya peluang untuk dibuat di Indonesia. Hanya saja Toyota belum bisa memastikan kapan itu bisa dilakukan.

Innova dan Avanza Hybrid Punya Peluang di Indonesia

Semakin berkembangnya zaman, makin banyak berbagai jenis mobil yang dijual di seluruh dunia. Entah itu yang konvensional (bensin dan diesel), hybrid, PHEV (plug-in hybrid), listrik murni, sampai hidrogen fuel cell. Toyota menjadi satu dari sekian produsen mobil yang memiliki semua jenis mobil tersebut.

Sejauh ini Toyota Astra Motor (TAM) sudah memiliki sejumlah mobil hibrida yang dijual di Tanah Air. Dari Corolla Altis, Camry, Alphard, C-HR, sampai yang terbaru yaitu Corolla Cross, dan menjadi mobil hybrid termurah dari Toyota. Mereka juga berencana untuk menambah jajaran produk ramah lingkungannya jika permintaannya terus meningkat.

Innova dan Avanza Hybrid

Dipentingkan Kelas Mewah Dulu?

Banyak yang heran kenapa varian hybrid di Indonesia lebih diprioritaskan pada mobil kelas atas yang mewah. Padahal sudah ada model murah yang sudah mendapatkan hybrid, tapi tak dibawa ke Tanah Air karena suatu alasan. TAM menjelaskan kalau mereka sengaja melakukannya agar ‘lebih efisien dan tertata rapi’.

Yang dimaksud disini yaitu mereka bisa saja memprioritaskan pemberian varian hibrida pada model yang sudah ada dan laris manis, contohnya Avanza. Tapi dengan banyaknya permintaan akan mobil hybrid kelas atas, maka TAM harus mengutamakan itu dulu setidaknya untuk sekarang. Kalau semuanya sudah beres, barulah mereka bisa fokus pada model di segmen bawah.

Artinya Innova dan Avanza masih punya peluang untuk mendapat varian hibrida, meski bukan sekarang. Jika saja diluncurkan pada satu atau dua tahun mendatang, maka Toyota bisa menyaingi rival terberatnya, Mitsubishi Xpander. Mobil LMPV ini dijadwalkan akan mendapat varian hybrid pada tahun 2022.

Be the first to comment

Leave a Reply