Kona EV vs UX300e, Crossover Listrik Mana yang Unggul?

Hyundai tak jajal segmen MPV

RiderTua.com – Di Indonesia sudah ada persaingan antara Hyundai Kona EV vs Lexus UX300e. Padahal kedua mobil listrik ini baru hadir beberapa minggu lalu, tapi Kona dan UX baru bersaing demi menjadi yang terbaik. Persaingan Kona EV vs UX300e bakal menjadi persaingan yang menarik di Indonesia. Mengingat segmen mobil listrik belum sepenuhnya terbentuk.

Kona EV vs UX300e Menjadi Persaingan yang Menarik

Baik Kona EV maupun UX300e sama-sama berjenis crossover bertenaga listrik alias EV. Keduanya memiliki ciri khas desainnya masing-masing, dimana Kona memperlihatkan kesan futuristik pada desainnya. Sedangkan UX300e masih terlihat seperti model konvensionalnya, tapi tetap menampakkan kesan mewah ala Lexus.

Mungkin agak aneh kenapa Lexus masih mempertahankan grille pada UX300e, sedangkan Kona EV tidak. Ini karena kebanyakan mobil jenis tersebut sudah tal lagi memakai grille biasa, tapi mungkin ini hanya sebagai pemanis penampilan saja. Dimensi Kona EV jauh lebih kecil dari UX300e, tapi soal ground clearance-nya masih lebih unggul dari mobil mewah tersebut.

Kona EV vs UX300e

Beda Kelas?

Keduanya sudah jelas ditempatkan di kelas yang berbeda, dengan UX300e memiliki interior mewah berbalut kulit. UX300e dilengkapi dengan fitur canggih, seperti power back door with kick sensor hingga electronic drive selector. Untuk Kona EV dilengkapi fitur shift-by-wire, tombol rem parkir, sampai heads-up display.

Kona EV mengandalkan motor listrik bertenaga 134 dk serta baterai lithium-ion 39,2 kWh yang dapat diisi penuh dalam waktu 54 menit dan sanggup melaju sejauh 289 km. Sementara UX300e memiliki motor listrik bertenaga 201 dk dan baterai yang dapat tahan hingga 300 km dalam keadaan penuh. Pengisiannya paling cepat memakan waktu 50 menit, itupun menggunakan DC charger.

Fitur keselamatannya juga berbeda, karena UX300e punya paket fitur Lexus Safety System+ yang terdiri dari segudang fitur canggih. Soal harga jangan ditanya lagi, karena keduanya memiliki selisih yang sangat jauh. Kona EV dibanderol mulai Rp 674,8 juta dan UX300e sebesar Rp 1,245 miliar. Tentu harganya sangat mahal, mengingat UX digolongkan sebagai mobil kelas atas.

Be the first to comment

Leave a Reply