Yamaha YZF-R6 Tak Dijual Lagi di Indonesia

Motor sport Yamaha YZF-R6

RiderTua.com – Kabar Yamaha YZF-R6 tak dijual lagi mulai membuat banyak orang was-was. Karena motor sport full fairing ini takkan dijual lagi sebagai model street legal, kecuali versi ‘track only’ masih dihadirkan. Yamaha YZF-R6 tak dijual lagi di Indonesia sejak lama, walau hanya beberapa saat sebelum seluruh penjualannya dihentikan. Ada beberapa penyebab kenapa penjualan R6 harus dihentikan.

Yamaha YZF-R6 Tak Dijual Lagi di Indonesia

Banyak yang tak menyangka kalau Yamaha harus menghentikan penjualan R6 street legal setelah sekian lama hadir. Mungkin ada beberapa pertimbangan yang menyebabkan motor full fairing tersebut harus disuntik mati pada tahun ini. Entah karena ingin fokus ke model lebih modern dan lebih bertenaga, atau karena pasarnya yang tak lagi menjanjikan.

Di Indonesia sendiri, R6 sudah lama tak dijual oleh Yamaha karena tak terlalu laris di pasat motor full fairing. Meskipun segmen ini sudah berkembang pesat selama beberapa bulan terakhir, tapi kedatangan model baru membuatnya tersisih. Selain itu, R6 masih didatangkan dari luar negeri, dan proses impornya yang lambat membuat Yamaha tak bisa mempertahankannya lebih lama di Tanah Air.

Yamaha YZF-R6 tak dijual

Takkan Diteruskan

Walau sudah tak jualan R6 lagi, nyatanya motor ini masih ada di dalam katalog situs resmi Yamaha Indonesia, dengan banderol Rp 270 juta on-the-road. Sebenarnya harganya di tempat asalnya tak sampai semahal itu, dan harga ini dipengaruhi oleh pajak impor. Inilah alasan kenapa Yamaha tak mau menjualnya lagi, karena biaya pengiriman R6 disebut lumayan mahal.

Kebetulan penghentian penjualan R6 bertepatan dengan penghentian produksinya secara global. Alasannya tak hanya kurang laku di pasaran, tetapi juga kendala berkaitan dengan standar emisi Euro 5. Ketika model YZF lainnya seperti R125 dan R1 sudah berstandar Euro 5, R6 tak ikut kebagian dan malah disuntik mati langsung.

Model yang disuntik mati memang hanya model street legal, sementara versi racing masih tetap dibuat oleh Yamaha. Tak seperti model biasanya, R6 khusus balapan tak bisa dijual secara umum karena tanpa ada homologasi. Terlebih motor ini memang dirancang khusus untuk ngebut di sirkuit, bukan di jalan raya.

Be the first to comment

Leave a Reply