Penjualan Mobil Masih Dikuasai Toyota-Daihatsu

Tesla bukan produsen mobil
(Foto: OtoDriver)

RiderTua.com – Hingga bulan Oktober lalu penjualan mobil di Indonesia masih dikuasai oleh Toyota, serta divisinya, Daihatsu. Walau dengan kondisi yang belum sepenuhnya membaik, nampaknya itu tak membuat merek asal Jepang ini tak mampu berbuat apapun. Penjualan mobil masih dikuasai Toyota serta sejumlah merek senegara lainnya seperti Suzuki dan Mitsubishi. Ada juga merek mobil dari negara lain yang turut menyumbangkan hasil penjualan.

Penjualan Mobil Masih Dikuasai Toyota Serta Merek Lainnya

Memang soal Toyota yang selalu memuncaki hasil penjualan sudah bukan hal yang cukup mengejutkan. Merek mobil ini sering langganan peringkat satu penjualan di Tanah Air selama beberapa tahun terakhir. Walaupun secara penjualan per bulannya, Toyota sempat disalip beberapa kali oleh merek lain, dari Mitsubishi sampai Suzuki.

Sepanjang bulan Januari hingga Oktober 2020, Toyota mampu menjual sebanyak 127.208 unit mobil secara wholesales dan 141.542 unit secara retail. Sementara Daihatsu hanya mencatatkan 77.471 unit mobil (wholesales) dan 81.623 (retail), dan bisa dilihat selisih keduanya. Toyota ternyata jauh mengungguli Daihatsu serta merek lainnya.

Penjualan mobil masih dikuasai
(Foto: viva)

Mitsubishi dan Suzuki

Honda menyusul keduanya dengan perolehan 57.420 unit secara wholesales dan 62.109 unit secara retail, sedikit berjauhan dengan Daihatsu. Sepanjang tahun ini, produsen otomotif tersebut mengandalkan sejumlah produk unggulannya, termasuk Brio. Mobil yang hadir dalam versi LCGC dan city car ini mampu menyumbangkan sebagian besar penjualan.

Selanjutnya ada Suzuki dengan 50.045 unit mobil yang terjual secara wholesales, sebagian disumbangkan dari penjualan Ertiga atau XL7. Lalu Mitsubishi mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 44.249 unit, disusul divisi kendaraan komersil Fuso sebesar 17.049 unit. Masih dari merek kendaraan komersil, Isuzu mampu menjual 12.533 unit.

Dibawahnya ada Nissan dengan 10.776 unit yang terjual, kemudian Hino sebanyak 9.333 unit, dan Wuling 3.621 unit. Walau hasil wholesales-nya lebih sedikit, tapi secara retail Wuling masih unggul dari Nissan dengan perolehan 7.066 unit.

Be the first to comment

Leave a Reply